kampus yang memiliki tenaga medis dan itu akan kita jadikan bagian personil untuk penanganan pasien
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyiapkan RS Aria Sentra Medika sebagai rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 agar penanganan COVID-19 di Kota Tangerang Selatan akan lebih optimal lagi.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany di Tangerang Selatan, Selasa, mengatakan, RS Aria Sentra Medika memiliki daya tampung mencapai 40 orang dan dilengkapi empat ruang ICU serta ventilatornya.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan saat ini sedang memperbanyak alat medis lainnya seperti ventilator melalui kerja sama dengan perusahaan swasta sebanyak tiga unit.

Harapannya, penanganan akan lebih maksimal dan pasien yang dirawat mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan standar.

Baca juga: Masih jalani perawatan 50 warga Tangsel terkonfirmasi COVID-19
Baca juga: Warga Tangsel yang meninggal akibat COVID-19 tercatat 41 orang
Baca juga: Riset: Jakarta, Jabar, dan Banten paling rentan terhadap COVID-19


Mengenai tenaga medis, Wali Kota Airin yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Tangerang Selatan menjelaskan, jika Pemkot telah bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan sejumlah universitas dalam memenuhi kebutuhan tenaga medis.

"Di Kota Tangerang terdapat beberapa kampus yang memiliki tenaga medis dan itu akan kita jadikan bagian personil untuk penanganan pasien COVID-19," paparnya.

Kemudian, Airin juga menegaskan jika Pemerintah Kota Tangerang Selatan menanggung seluruh biaya pengobatan pasien positif dan PDP yang dalam perawatan. "Biaya semuanya ditanggung Pemkot," ujarnya.

Saat ini, Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga sedang melakukan pembahasan mengenai surat edaran mengenai ibadah saat bulan Ramadhan.

Menurut Airin, selama pandemi COVID-19, tak ada lagi kegiatan tawarih di mushola dan masjid serta shalat Idul Fitri berjamaah.

Baca juga: Tangsel tunggu keputusan pemerintah pusat terkait karantina wilayah
Baca juga: Airin: Sosialisasi penanganan virus corona jangan buat warga cemas
Baca juga: Gubernur Banten apresiasi partisipasi para donatur lawan COVID-19

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020