Bantuan beras legislator PDIP pusat-daerah sasar 21 kecamatan Surabaya

Bantuan beras legislator PDIP pusat-daerah sasar 21 kecamatan Surabaya

Kader PDIP Surabaya bergerak dari kampung ke kampung untuk membagikan masker kepada warga terdampak COVID-19 di perkampungan Kota Surabaya, Sabtu (18/4/2020). (FOTO ANTARA/HO-Tim PDIP Surabaya)

Surabaya (ANTARA) - Bantuan paket beras dari para legislator asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) baik dari DPR RI, DPRD Jatim maupun DPRD Surabaya menyasar warga terdampak COVID-19 di 21 kecamatan di Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Kami sudah distribusikan paket beras kepada keluarga rentan di 21 kecamatan. Kurang delapan kecamatan di Surabaya, yang akan segera didisitribusikan," kata Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, pihaknya memperkirakan hingga saat ini sudah menghabiskan 7,5 ton beras yang merupakan hasil urunan dari para anggota DPRD Surabaya, DPRD Jatim, dan DPR RI dari Dapil Surabaya.

Baca juga: Pemprov Jatim siap distribusikan BLT dana desa Rp2,32 triliun

Adi Sutarwijono mengatakan jajaran PDIP Surabaya telah bergerak membagikan sembako atau paket beras sejak 18 Maret 2020. Selain sembako, lanjut dia, juga ada kegiatan sosial berupa penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan wastafel portabel untuk cuci tangan.

"Kami berharap bantuan tersebut bisa meringankan beban masyarakat Surabaya yang kesusahan karena wabah COVID-19 ini," kata Ketua DPRD Surabaya ini.

Bahkan, kader PDIP Surabaya hingga saat ini juga terus bergerak dari kampung ke kampung untuk membagikan masker, melakukan penyemprotan disinfektan, dan membagikan beras untuk keluarga rentan.

Baca juga: NU Jatim luncurkan Gerakan Sejuta Sembako Rakyat

"Kami tentu sangat memperhatikan protokol kesehatan. Kami mendatangi dari rumah ke rumah, menemui warga, dengan memakai masker," kata Wakil Ketua Ranting PDIP Kelurahan Tegalsari, Nur Achmad Arif.

Nur Achmad mengaku telah membagikan masker bersama rekannya Wakil Ketua Ranting PDIP Kelurahan Tegalsari Ero Ardinanta di kawasan permukiman Kampung Malang dan perkampungan Pandegiling.

"Kami memesan 500 masker kepada penjahit, yang kami kenal. Dengan biaya urunan, gotong royong sesama teman. Hasilnya, kami bagikan kepada warga," kata Ero.

Baca juga: Ketua Golkar Jatim kawal pembagian sembako AMPG di Surabaya

Begitu juga di Kecamatan Dukuh Pakis, kader PDIP juga melakukan penyemprotan disinfektan di permukiman padat penduduk.

"Kami keluar masuk kampung untuk menyemprot disinfektan. Kami buat jadwal per hari, per minggu. Sambil mengedukasi warga tentang virus corona. Kali ini kami lakukan di kawasan Dukuh Kupang," kata Sekretaris PAC PDIP Kecamatan Dukuh Pakis Sumariyono itu.
Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020