Kemarin, 449.000 pekerja dirumahkan hingga pembebasan pajak COVID-19

Kemarin, 449.000 pekerja dirumahkan hingga pembebasan pajak COVID-19

Menaker Ida Fauziyah secara simbolis melepas pemulangan calon TKI yang gagal diberangkatkan ke luar negeri di sebuah perusahaan penempatan TKI di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (17/4) (ANTARA/HO-Kementerian Ketenagakerjaan)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (19/4) kemarin, mulai dari Menaker merumahkan 449.000 pekerja Jakarta hingga pemerintah membebaskan bea masuk dan pajak impor barang untuk COVID-19

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Menaker sebut lebih dari 449 ribu pekerja Jakarta telah dirumahkan

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan lebih dari 449.000 pekerja di Provinsi DKI Jakarta telah dirumahkan sebagai dampak COVID-19.

"Ya betul (449 ribu lebih pekerja di DKI Jakarta dirumahkan)," ujar Ida saat dikonfirmasi ANTARA melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: Menaker minta pemda data korban PHK untuk peroleh Kartu Prakerja

2. Kemendag: regulasi IMEI untuk lindungi konsumen

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengingatkan pentingnya pelaku usaha di bidang perdagangan mematuhi peraturan penggunaan IMEI (International Mobile Equipment Identity) di tengah upaya percepatan penanganan COVID-19.

“Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan pembatasan IMEI dalam rangka tertib niaga perangkat handphone, komputer, dan tablet (HKT) yang bertujuan melindungi konsumen dari perangkat yang tidak aman dan tidak berkualitas,” kata Agus Suparmanto di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: Kominfo mulai kirim sms notifikasi ke Ponsel dengan IMEI terdaftar

3. Pelni optimalkan kapal penumpang untuk angkut logistik

PT Pelni (Persero) mengoptimalkan kapal-kapal penumpang untuk angkutan logistik ke seluruh wilayah Indonesia, terutama untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat menjelang Bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriah dan Lebaran 2020.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni(Persero), Yahya Kuncoro, Minggu, menyatakan kapal penumpang PT Pelni (Perseo) memiliki sekitar 50 persen ruang untuk mengangkut muatan kontainer baik 'dry' ataupun 'reefer' container, angkutan general cargo. Bahkan, beberapa kapal bisa mengangkut kendaraan.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: Pelni hanya jual tiket 50 persen dari kapasitas penumpang

4. Okupansi kereta jarak jauh Daop 6 Yogyakarta tinggal 10 persen

Rata-rata okupansi penumpang sejumlah kereta jarak jauh yang masih beroperasi dan melintas di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta di tengah pandemi COVID-19 mengalami penurunan signifikan hingga tinggal sekitar 10 persen.

“Rata-rata okupansi untuk kereta jarak jauh menurun sangat signifikan dan saat ini tersisa sekitar 10 persen. Saat kondisi normal, okupansi bisa mencapai 100 persen,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: KAI setop sementara KA Kamandaka dan Joglosemarkerto mulai 20 April

5. Pemerintah bebaskan bea masuk dan pajak impor barang untuk COVID-19

Pemerintah membebaskan bea masuk dan pajak impor barang untuk kebutuhan penanganan COVID-19 kepada semua pihak baik pemerintah pusat, daerah, orang-perseorangan, badan hukum, dan non-badan hukum.

"Dengan fasilitas kepabeanan dan perpajakan ini sangat membantu dalam penyediaan barang untuk kebutuhan di dalam negeri," kata Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta : Juwita Trisna Rahayu
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020