Tiga pasien COVID-19 di pegunungan Papua sembuh

Tiga pasien COVID-19 di pegunungan Papua sembuh

Bupati Jayawijaya Jhon R Banua (tengah) didampingi Direktur RSUD Wamena, Dandim 1702/Jayawijaya, Sekda Jayawijaya saat memberikan keterangan pers. ANTARA/Marius Frisson Yewun

Wamena (ANTARA) - Tiga pasien positif corona atau COVID-19 di Wilayah Pegunungan Tengah Provinsi Papua dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di RSUD Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa, mengatakan tiga orang itu berasal dari kabupaten berbeda.

"Setelah dinyatakan negatif, tiga orang yang dirawat di RSUD Wamena ini akan dipulangkan kepada keluarganya. Dua orang dari Jayawijaya dan satu orang dari Kabupaten Mamberamo Tengah," katanya.

Baca juga: Jayawijaya butuh pesawat untuk merujuk jika ada pasien corona
Baca juga: Pemkab Jayawijaya perketat pemeriksaan di Bandara Wamena, cegah corona


Tiga orang itu dinyatakan sembuh setelah pihak RSUD Wamena dan pemerintah setempat menerima hasil tes swab dari Labkesda Jayapura.

"Pasien kita (dari Jayawijaya) sekarang yang positif tinggal satu orang. Ini pasien baru yang juga orang tanpa gejala (OTG) sama dengan pasien satu dan tiga yang sudah dinyatakan negatif," katanya.

Tiga orang itu akan diberikan vitamin serta menjalani karantina di rumah masing-masing selama 14 hari ke depan.

"Saya sudah minta Direktur RSUD Wamena membuat surat kepada mereka, surat yang menyatakan mereka bebas dari COVID-19," katanya.

Walau sudah ada pasien yang dinyatakan sembuh, bupati mengharapkan masyarakat tetap mematuhi instruksi pemerintah terkait pembatasan sosial untuk memutus mata rantai corona.

"Kebanyakan di Jayawijaya adalah orang tanpa gejala (OTG) sehingga kita harus hati-hati dan menerapkan pembatasan sosial," ajaknya.

Baca juga: Polres Jayawijaya imbau warga laporkan penimbun pembersih tangan
Baca juga: Ada 13 tambahan, warga positif COVID-19 di Papua jadi 155 orang
Baca juga: Bupati Mamberamo Tengah tutup akses keluar masuk untuk cegah corona
Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020