Jakarta (ANTARA) - Selama sepekan terakhir April hingga awal Mei 2020 berbagai informasi aktual di Ibu Kota disiarkan oleh Kantor Berita ANTARA.

Informasi tersebut mulai dari evaluasi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dampak pandemi hingga tuntutan pekerja di Hari Buruh Internasional.

Berikut rangkuman berbagai peristiwa di Jakarta yang disiarkan Kantor Berita ANTARA selama pekan keempat April 2020:

1. DKI keluarkan tiga kebijakan insentif pajak dalam masa PSBB

Pemprov DKI Jakarta akhirnya mengeluarkan tiga kebijakan untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan kewajibannya membayar pajak selama PSBB.

Pelaksana tugas Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi DKI Jakarta, Edi Sumantri, di Jakarta, Senin, menyampaikan kebijakan tersebut dilakukan dengan harapan dapat meringankan beban masyarakat dalam membayar pajak.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. 101 perusahaan ditutup sementara akibat langgar PSBB

Operasional 101 perusahaan atau tempat kerja di Jakarta ditutup sementara oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta
karena melanggar PSBB.

Berdasarkan data Disnakertrans-E DKI Jakarta yang diterima Antara di Jakarta, Selasa, 101 perusahaan atau tempat kerja tersebut adalah termasuk ke dalam kategori tidak dikecualikan berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 33 Tahun 2020 dan tetap melakukan kegiatan usahanya.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini


3. DPRD DKI minta OJK-YLKI bersinergi terkait relaksasi kredit UMKM

Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi A August Hamonangan meminta agar dua lembaga yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) bersinergi untuk memberikan relaksasi kredit bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tengah wabah COVID-19.

"OJK memiliki kewenangan untuk membicarakan ke lembaga-lembaga keuangan, sedangkan YLKI merupakan yayasan yang berpihak kepada kepentingan masyarakat. Kedua lembaga ini jangan diam," kata August Hamonangan dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini


4. Ragunan pastikan kebutuhan pakan satwa terpenuhi selama pandemi

Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, memastikan kebutuhan pakan satwa koleksi kebun binatang tetap terpenuhi meski tengah menghadapi pandemi COVID-19.

"Sampai saat ini masih aman, tidak ada masalah karena penganggaran kita ikut Pemprov DKI Jakarta," kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan, Ketut Widarsana saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini


5. GEBRAK ajukan tiga hal di Hari Buruh 2020

Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK),  aliansi kelompok-kelompok buruh dari Serikat Sindikasi, LBH Jakarta, KPR, KASBI, KPBI, KSN, Jarkom Serikat Pekerja Perbankan, dan PurpleCode mengajukan tiga hal yang terdiri dari dua tuntutan dan satu ajakan bagi kawan-kawan buruh lainnya dalam konferensi pers daring lewat YouTube.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

6. Jakarta alami penurunan, Anies imbau masyarakat tetap patuhi PSBB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau masyarakat ibu kota tetap disiplin mematuhi PSBB meski beberapa hari terakhir terjadi penurunan kasus COVID-19.

"Meskipun beberapa hari ini terlihat ada penurunan, tetapi ini tidak boleh diartikan PSBB kendor. Harus kita lebih disiplin," ujar Anies di Balai Kota Jakarta melalui siaran langsung di kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, Jumat malam.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020