Bantuan akan didistribusikan menggunakan transportasi udara dan darat
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Andika Perkasa menginstruksikan Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad) untuk menyalurkan bantuan berupa alat kesehatan (alkes) ke rumah sakit-rumah sakit Angkatan Darat yang tersebar di 69 titik di Indonesia.

"Pendistribusian 14 macam alat kesehatan, seperti APD (alat pelindung diri), rapid test, dan obat-obatan ke seluruh RS TNI AD di Indonesia, untuk membantu penanganan COVID-19," ujar Jenderal Andika, dikutip dari akun youtube TNI AD, Minggu.
Baca juga: Bantu pemulihan pasien COVID-19, TNI AD kirim psikolog militer


Material kesehatan yang didistribusikan berupa alat rapid test, swab test, alat pelindung diri (APD) berupa cover all, masker N 95, masker KN 95, masker bedah, kantung jenazah, obat-obatan, dan alkes lainnya.

Adapun proses pendistribusian dilakukan oleh Staf Logistik Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) serta Pembekalan dan Angkutan Angkatan Darat (Bekangad).

Kagupus I Puskesad Kolonel CKM Agung Kurniawan mengatakan, bantuan tersebut antara lain bersumber dari KASAD beserta istri, Hetty Andika Perkasa.

Selain itu, bantuan juga berasal dari jajaran TNI AD lainnya, seperti Pusat Intelijen Angkatan Darat (Pusintelad), Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbangad), Datasemen Khusus (Densus) 81 Kopassus, serta dari rekanan Mabesad dan Puskesad.

"Bantuan akan didistribusikan menggunakan transportasi udara dan darat untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," ujar Agung.
Baca juga: TNI sumbang 139 kantong darah, cegah kekurangan stok darah saat Corona


Dia menambahkan, bantuan tersebut akan dikirimkan ke 69 rumah sakit TNI AD yang disalurkan melalui kodam, serta rumah sakit Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikes), dan Puskesad.
Baca juga: Cegah corona, TNI AD siapkan kendaraan khusus penyemprot disinfektan

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020