Pasien positif COVID-19 sembuh di Manokwari bertambah tiga

Pasien positif COVID-19 sembuh di Manokwari bertambah tiga

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan pada Sabtu (16/5/2020) menyerahkan surat keterangan sembuh kepada tiga pasein yang berhasil sembuh setelah menjalani perawatan di Faskes Karantina COVID-19 RSUD Provinsi Papua Barat di Manokwari. (Antara/Toyiban)

Manokwari (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 yang berhasil sembuh di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, bertambah tiga orang, satu diantaranya berasal dari Nabire, Papua.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat Otto Parorongan pada pelepasan dan pemulangan pasien di Manokwari, Sabtu, mengutarakan secara keseluruhan pasien sembuh di Papua Barat sudah lima orang. Seluruhnya sudah menjalani pemeriksaan swab dengan hasil negatif selama dua kali berturut-turut.

"Pasien yang dinyatakan sembuh sebelumnya ada dua, masing-masing dari Manokwari dan Kota Sorong. Kita bersyukur hari ini ada tambahan tiga di Manokwari," ucap Otto.

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 Papua Barat dinyatakan sembuh

Khusus untuk Manokwari, lanjut Otto, dari enam pasien positif yang dikarantina dan dirawat di Fasilitas Kesehatan (Faskes) Karantina Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Papua Barat sudah empat yang dinyatakan sembuh. Dengan demikian, saat ini tersisa dua orang.

"Semua pasien positif di Manokwari kami rawat di Faskes Karantina RSUD Provinsi Papua Barat. Dengan bertambahnya tiga pasien yang sembuh, jumlah pasien sembuh di Faskes ini sudah empat orang, sehingga tersisa dua yang dirawat," ujarnya.

Satu pasien yang sembuh sebelumnya berinisial J, pria 71 tahun di Kota Sorong, A, pria 29 tahun di Manokwari. Sedangkan tiga pasien yang dinyatakan sembuh pada Sabtu (16/5) masing-masing AA pasien pria berusia 62 tahun, LM, 65 tahun serta RDP pasien wanita berusia 20 tahun.

Baca juga: Polisi bantu evakuasi pasien positif COVID-19 di Kota Sorong

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Manokwari dipulangkan

Baca juga: Hasil "rapid test", satu warga klaster Gowa di Teluk Wondama reaktif


Ia mengajak seluruh tim medis di Faskes Karantina COVID-19 RSUD provinsi, terus bersemangat serta tulus menangani pasien.

"Tim dokter, perawat dan teman-teman semua yang tergabung dalam Gugus Tugas COVID-19 sedang melaksanakan tugas mulia. Kita berdoa semoga dua pasien yang masih di rawat di Faskes ini bisa segera sembuh, begitu pula pasien COVID-19 yang berada di seluruh daerah," ujarnya.

Pelepasan dan pemulangan tiga pasien ini dipimpin oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan selaku Ketua Umum Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di daerah tersebut.

Seperti sebelumnya, pelepasan pasien ini dilakukan oleh tim Gugus Tugas Provinsi, tim dokter serta perawat di Faskes Karantina. Liaison Officer atau Penghubung BNPB Brigjen Pol Purnawirawan Safruddin dan PLH Bupati Manokwari Edi Budoyo.
Pewarta : Toyiban
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020