Dua pasien COVID-19 di Sulbar dinyatakan sembuh

Dua pasien COVID-19 di Sulbar dinyatakan sembuh

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sulbar Safaruddin Sanusi (ANTARA/HO/Diskominfo Sulbar)

Mamuju (ANTARA) - Dua pasien COVID-19 di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, dinyatakan sembuh sehingga total warga di daerah itu yang sembuh dari COVID-19 sebanyak 25 orang.

"Pada hari ini (Selasa) terdapat dua pasien COVID-19 yang kembali dinyatakan sembuh, sehingga total pasien positif COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 25 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sulbar Safaruddin Sanusi, di Mamuju, Selasa.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Sulbar mencapai 58 orang

Kedua pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh itu, kata Safaruddin, yakni kasus 38, seorang laki-laki berinisial AD (19) warga Kabupaten Mamuju.

"Pasien nomor 38 ini dirawat di Rumah Sakit Regional Sulbar sejak 1 Mei 2020. Hari ini berdasarkan hasil laboratorium dua kali negatif, yaitu hasil laboratorium melalui TCM RSUD Provinsi Sulbar maka yang bersangkutan dinyatakan sembuh," ujar Safaruddin.

Kasus positif COVID-19 kedua yang dinyatakan sembuh lanjut Safaruddin, yakni kasus 08, seorang laki-laki berinisial S (8) warga Kabupaten Mamuju Tengah.

Baca juga: Positif COVID-19 di Sulbar bertambah menjadi 38 kasus

"Pasien nomor 08 ini dirawat di RSUD Mamuju Tengah sejak 23 April 2020. Dan berdasarkan hasil laboratorium dua kali negatif, yaitu hasil laboratorium melalui BBLK Makassar dan laboratorium TCM RSUD Provinsi Sulbar sehingga yang bersangkutan dinyatakan sembuh," tutur Safaruddin.

Selain dua pasien sembuh, pada hari ini juga kata Safaruddin, terdapat dua penambahan kasus positif COVID-19 di Sulbar, yakni seorang laki-laki berinisial MIF (40) asal Kabupaten Majene atau disebut kasus 76.

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 di Sulbar dinyatakan sembuh

"Pasien kasus 76 ini pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit COVID-19 dalam 14 hari sebelum sakit, yaitu mengikuti ijtima ulama di Kabupaten Gowa Sulsel. Pasien kasus 76 saat ini dirawat di RSU Regional Mamuju," kata Safaruddin.

Kasus positif kedua atau kasus 77, yakni seorang laki-laki berinisial UAK (21) warga Kabupaten Mamuju Tengah.

"Pasien 77 ini pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit COVID-19 dalam 14 hari sebelum sakit, yakni dari Pesantren Temboro, Magetan, Jawa Timur. Pasien tiba di Mamuju Tengah pada 18 April 2020. Saat ini, UAK dirawat di Gedung Karantina PKM Salugatta Mamuju Tengah," terang Safaruddin.

Baca juga: 13 pasien positif COVID-19 di Sulbar dinyatakan sembuh

Dengan bertambahnya dua positif COVID-19 itu kata Safaruddin, total pasien positif COVID-19 di Sulbar hingga Selasa sore menjadi 77 kasus dan sebanyak 25 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Sementara, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Sulbar saat ini sebanyak 1.529 orang, sebanyak 404 diantaranya sudah selesai pemantauan dan 123 orang masih dalam proses pemantauan.

Sedangkan, jumlah orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 866, sebanyak 572 sudah selesai pengawasan dan 294 masih dalam proses pengawasan.

"Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Sulbar hingga hari ini sebanyak 66 orang, sebanyak 36 orang diantaranya sudah selesai pengawasan, 25 orang masih dalam proses pengawasan dan lima orang meninggal dunia," kata Safaruddin.

Baca juga: Positif COVID-19 di Sulbar bertambah enam jadi 73 kasus

 
Pewarta : Amirullah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020