Pebalap sepeda Jarlinson Pantano diskors empat tahun karena doping

Pebalap sepeda Jarlinson Pantano diskors empat tahun karena doping

Pebalap sepeda asal Kolombia, Jarlinson Pantano, saat tampil melahap etape kelima Balapan Paris-Nice ke-77 pada Kamis (14/3/2019). (ANTARA/AFP/Anne-Christine Poujoulat)

Jakarta (ANTARA) - Mantan juara Tour de France Jarlinson Pantano dijatuhi skors empat tahun karena terbukti positif setelah menjalani uji doping pada tahun lalu, demikian pernyataan UCI seperti dikutip Reuters.

Atlet berkebangsaan Kolombia itu sudah memutuskan pensiun dari dunia balap sepeda sejak Juni 2019, atau tepatnya dua bulan setelah diskors sementara karena hasil uji dopingnya menunjukkan positif untuk penggunaan EPO (erythropoietin).

Baca juga: Pebalap sepeda Prancis Di Gregorio diskors empat tahun karena doping

Selain itu, pebalap berusia 31 tahun tersebut diskors oleh tim Trek-Segafredo setelah hasil uji dopingnya pada Februari 2019 lalu juga menunjukkan hasil positif.

"Pengadilan (UCI-Anti Doping) menyatakan Pantano bersalah karena telah melanggar larangan anti doping. Dengan demikian, dia diskors selama empat tahun," kata UCI melalui pernyataan yang dikutip dari Reuters, Rabu.

Pantano pernah memenangkan ajang balap sepeda bergengsi Tour de France 2016 dan menjadi juara pada kejuaraan uji coba nasional di Kolombia pada 2017.

Baca juga: Sejumlah balapan akan digelar sebagai pemanasan Tour de France
Baca juga: Tour of Britain diundur tahun depan
Baca juga: Trump pernah berambisi saingi Tour de France tapi tak kesampaian
Pewarta : Rr. Cornea Khairany
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020