Pertamina jamin stok BBM Sumut aman hingga 24 hari mendatang

Pertamina jamin stok BBM Sumut aman hingga 24 hari mendatang

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR I, M Roby Hervindo. (ANTARA/Evalisa Siregar)

Medan (ANTARA) - Manajemen PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I memastikan stok BBM yang tersedia di fuel terminal bisa untuk kebutuhan masyarakat Sumatera Utara hingga 24 hari ke depan.

"Jadi stok BBM aman untuk kebutuhan Lebaran bahkan usai Idul Fitri," ujar Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR I, M Roby Hervindo di Medan, Rabu.

Dia menegaskan, Pertamina tetap beroperasi seperti biasa dan bahkan tetap menjamin dan meningkatkan pasokan, meski permintaan tren menurun akibat pandemi COVID-19.

Selama tiga minggu Ramadhan, kata Roby, terjadi penurunan konsumsi BBM jenis gasoline (Premium, Pertalite, dan Pertamax Series) hingga 28 persen atau menjadi hanya 3,7 juta liter per hari dari normalnya 5 juta liter per hari.

Penjualan BBM jenis gasoil (Bio Solar, Dex Series) selama Ramadhan 2020 juga turun menjadi 2,3 juta liter per hari atau turun 23 persen dari konsumsi normal sebesar 3,1 juta liter per hari.

"Meski permintaan BBM turun, namun manajemen tetap beroperasi penuh. Stok BBM yang tersedia di fuel terminal mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Sumut hingga 24 hari ke depan," ujar Roby.

Selain ketersediaan yang memadai, Pertamina juga meluncurkan berbagai program untuk membantu meringankan konsumen dari dampak ekonomi pandemi COVID-19

Selain berbagai program cashback, Pertamina MOR I ,menggelar program berbagi takjil gratis di SPBU selama Ramadhan 2020.

Pertamina MOR I sudah menyalurkan 21.000 takjil gratis senilai Rp670 juta yang di sebar kepada konsumen di 42 SPBU Provinsi Sumut.

Takjil bagi pelanggan SPBU itu sudah dibagikan sejak tanggal 30 April hingga 20 Mei.

Selain itu, Pertamina juga memberikan santunan senilai Rp30 juta kepada 150 anak yatim dan dhuafa yang berada di Kota Medan.

Serta bantuan sarana dan prasarana kepada empat panti asuhan senilai Rp50 juta.

"Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun, merupakan rangkaian kegiatan Khatam Al Quran dan santunan anak yatim yang dilakukan Pertamina serentak di beberapa provinsi," ujar Roby.

Baca juga: Pertamina MOR I sudah operasikan 24 lembaga penyalur BBM Satu Harga 
Baca juga: NIas Sumut miliki delapan penyalur BBM Satu Harga

 

Pewarta : Evalisa Siregar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020