Dua warga Gowa terima bantuan rumah layak huni dari AMCF

Dua warga Gowa terima bantuan rumah layak huni dari AMCF

Nyomba Dg Nassa salah seorang warga Kabupaten Gowa, Sulsel yang beruntung mendapatkan bantuan program Bedah Rumah Untuk Dhuafa (RUD) dari AMCF Sulsel. (ANTARA)

Gowa (ANTARA) - Dua warga Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mendapatkan bantuan program Bedah Rumah untuk Dhuafa (RUD) yang diprakarsai oleh Kapal Kemanusiaan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Sulsel.

Regional Administrator Pusat Kemanusiaan Sulawesi Selatan AMCF, Khaeruddin di Makassar, Jumat, mengatakan program Rumah Layak Huni ini adalah program sosial kemanusiaan yang ditujukan untuk masyarakat dhuafa yang menempati rumah tidak layak huni.

"Program kemanusiaan ini sebagai bentuk komitmen kami kepada pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pada umumnya dan Kabupaten Gowa pada khususnya dalam membantu visi misi dari pemerintah itu sendiri," ujarnya.

Ia menyebutkan, di Sulsel ada delapan Kepala Keluarga (KK) berhak mendapatkan program layak huni yang terbagi di tiga Kabupaten Kota yakni Makassar, Gowa dan Sinjai.

Di Kabupaten Gowa sebanyak dua kepala keluarga (KK) yakni di Desa Moncobalang Kecamatan Barombong dan Kelurahan Bontomanai Kecamatan Bontomarannu. Kemudian Kota Makassar dua KK dan Kabupaten Sinjai 4 KK.

Khaerudin menyatakan, di tengah pandemi COVID-19 ini, warga seperti Nyomba Dg Nassa ini membutuhkan rumah yang layak untuk melindungi dirinya dan keluarganya dari kemungkinan penularan virus corona.

Baca juga: Rumah tidak layak huni Mak Kiyah di Cianjur segera direhab

Baca juga: TMMD wujudkan impian Darmi miliki rumah layak huni di Banggai


"Dari delapan rumah layak huni, baru dua yang kita selesai bangun dan sudah kita serahkan ke penerima manfaat di Desa Moncobalang Kecamatan Barombong dan Kelurahan Bontomanai Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa setelah dibangun selama 12 hari kerja," katanya.

Nyomba Dg. Nassa, salah satu penerima manfaat tidak menyangka dan sangat bersyukur dapat menempati rumah baru yang layak huni dalam bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Apalagi menurut selama ini ia tidak dapat lagi memperbaiki rumahnya lantaran tidak bekerja lagi karena kondisinya yang sudah tidak memungkinkan.

Untuk menghidupi keluarganya, pria berusia 72 tahun ini bertumpu pada anaknya, Nafisah Daeng Minne yang bekerja serabutan. Seperti jadi buruh tani di masa panen dan juga sebagai buruh pabrik roti.

"Sangat bersyukur dan senang sekali dengan rumah baru ini, Tarima kasih banya’ anne banuanta ngaseng," ucapnya.

Program ini mendapatkan apresiasi dari pemerintah setempat. Seperti yang diungkapkan oleh Camat Barombong, Anwaf Asru. Anwar asri yang juga PLT Kepala Desa Moncobalang menyampaikan terima kasih dengan adanya Bantuan Rumah Layak Huni yang diberikan kepada salah satu warganya.

"Program ini bukan mengada-ada tanpa ada rekayasa dari pihak manapun dan itu hasil survey serta verifikasi sendiri dari AMCF langsung jadi murni ini hasil keputusan dari Pihak AMCF siapa yang layak untuk dibantu," ucapnya.

Selain bantuan rumah layak huni, Pusat Kemanusiaan Sulawesi Selatan AMCF, di bulan suci Ramadan ini juga memberikan bantuan sembako bagi dhuafa dan mahasiswa yang terdampak pandemi COVID-19 serta pembagian sebanyak 700 takjil di beberapa lokasi di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Baca juga: Lewat bedah rumah, pemerintah terus kurangi rumah tak layak huni
 
Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020