Pada masa pandemi COVID-19 sekarang, semuanya diuji, apakah masuk dalam golongan dipuji atau yang dicela. Kunci masuk dalam golongan dipuji adalah meningkatkan empati kepada sesama
Banda Aceh (ANTARA) - Khatib shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Provinsi Aceh Prof Dr Al Yasa' Abubakar mengajak masyarakat meningkatkan empati terhadap sesama di tengah pandemi COVID-19 yang sedang terjadi sekarang ini.

"Pandemi COVID-19 ini merupakan cobaan. Kita sedang diuji untuk menuju golongan yang dipuji, apakah kita mampu meningkatkan kepedulian dan empati terhadap mereka yang terdampak COVID-19," katanya di Banda Aceh, Ahad.

Sementara itu shalat id yang diikuti ribuan warga Banda Aceh dan sekitarnya di Masjid Raya Baiturrahman, itu berlangsung khidmat. Adapun Imam shalat sunah tersebut adalah Tgk H Munawir Darwis.

Dalam shalat tersebut, terlihat sebagian kecil jamaah tidak mengenakan masker. Padahal, sebelumnya setiap jamaah yang ingin shalat id di masjid tersebut diharuskan memakai masker guna mencegah penyebaran COVID-19.

Shalat id di masjid raya tersebut juga tidak menerapkan "physical distancing" seperti yang dianjurkan pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Khatin yang juga Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, Darussalam, Banda Aceh itu menyatakan firman Allah SWT menyebutkan sesungguhnya manusia dilahirkan dengan tabiat gelisah dan rakus.

"Apabila kemalangan menyentuhnya, maka akan berkeluh kesah. Dan apabila nasib baik menghampiri, maka akan egois, menjadi kikir," kata mantan Kepala Dinas Syariat Islam Aceh itu.

Namun, kata Al Yasa' Abubakar, tidak demikian halnya dengan orang yang melaksanakan shalat dan mengakui bahwa harta merupakan bagian milik orang lain yang membutuhkannya.

Ia mengatakan pada masa pandemi COVID-19 sekarang, semuanya diuji, apakah masuk dalam golongan dipuji atau yang dicela. Kunci masuk dalam golongan dipuji adalah meningkatkan empati kepada sesama.

"Islam sangat jelas mendorong kita untuk selalu peduli kepada sesama. Kehadiran kita hendaknya selalu bermanfaat bagi sesama. Banyak hadits yang minta agar keberadaan kita di suatu tempat dalam kondisi bagaimana pun, selalu bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Ia menambahkan jika dalam kondisi normal saja dituntut menumbuhkan kepedulian di setiap saat, apalagi suasana keprihatinan sekarang ini dampak pandemi COVID-19, tentu kepedulian lebih meningkat lagi.

"Pandemi ini membuat banyak orang kehilangan mata pencahariannya. Mungkin kita merasa sulit, tetapi ada yang lebih sulit dan susah lagi dari kita. Semua ini menjadi ujian bagi kita semua. Apakah puasa dan ibadah lainnya yang kita jalankan mampu membuka mata hati kita," katanya.

Ia menyebutkan pandemi COVID-19 tidak hanya membawa bencana kesehatan, tetapi ikut memengaruhi semua bidang kehidupan. Termasuk pengamalan ibadah fardu berjamaah. Bahkan, ibadah haji pun belum tentu dilaksanakan.

"Pengaruh ekonomi dampak COVID-19 ini telah terasa berat. Karena itu, mari dicegah dengan mengikuti protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah. Termasuk meningkatkan solidaritas sosial membantu sesama yang terdampak COVID-19," demikian Al Yasa' Abubakar.

Baca juga: Aceh kondusif jelang Lebaran

Baca juga: 1.370 penumpang ditolak masuk Aceh

Baca juga: Belasan napi di Aceh bebas setelah dapat remisi hari raya

Baca juga: Dihentikan, layanan Kapal Ferry Sabang-Banda Aceh selama Lebaran

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020