Jakarta (ANTARA) - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan telah dikembangkan Science and Technology Index (Sinta) COVID-19 yang juga dapat menghimpun seluruh data terkait penelitian dan pengembangan Indonesia tentang COVID-19.

"Khusus dalam kondisi hari ini pandemi COVID-19 kita juga sudah membuat Sinta COVID-19 yang berisikan daftar atau kegiatan maupun tulisan terkait COVID-19, baik dalam penelitian bisa juga dalam bentuk produk," kata Menristek Bambang dalam konferensi virtual Sinta Series 1: Pemeringkatan 500 Peneliti Terbaik Indonesia di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menristek: UI dan UGM paling produktif dalam publikasi ilmiah

Portal Sinta COVID-19 berisi kumpulan aktivitas peneliti Indonesia berupa riset dan kekayaan intelektual terkait COVID-19, baik berupa publikasi, hak cipta, produk dan bentuk kekayaan intelektual lain.

Menristek menuturkan publikasi ilmiah tersebut diharapkan bisa berkontribusi bagi penanganan COVID-19.

Semua peneliti Indonesia didorong untuk dapat mendaftarkan karyanya melalui akun author Sinta untuk pemanfaatan dan pengembangan lebih lanjut oleh sesama peneliti.

Penelitian terbaru yang terdaftar di portal itu, antara lain Rancang Bangun Mesin Humidifier sebagai Proteksi Pencegahan Covid-19 dengan Cairan Disinfektan Alami Sereh Wangi, Carotenoids from Female Sally Lightfoot Crab Carapace as Potential Anti-Sars-CoV-2 Compounds.

Baca juga: Menristek umumkan 500 peneliti terbaik Indonesia versi Sinta

Baca juga: Menristek: Pengembangan vaksin hadapi tingkat kompleksitas penyakit


Kemudian, penelitian berjudul Sistem Pendeteksi Suhu Tubuh Manusia sebagai deteksi awal COVID-19 berbasis MCU and Internet of Things (IoT), dan Propolis Indonesia untuk Infeksi Covid-19.

Sementara publikasi terbaru antara lain Disaster Communications for Handling Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) in Indonesia, Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020.

Kemudian, Interleukin-6 as a Potential Biomarker of COVID-19 Progression dan
Interleukin-6 Levels of Children with SARS-CoV-2 Infection.

Baca juga: Masih tahap awal, pembuatan prototipe vaksin COVID-19

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020