Puluhan ribu warga Surabaya direkrut jadi kader NasDem

Puluhan ribu warga Surabaya direkrut jadi kader NasDem

Ilustrasi - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh memberikan arahan dalam temu kader Partai NasDem. ANTARA/M ifdhal/pri.

Surabaya (ANTARA) - Puluhan ribu warga Kota Surabaya, Jawa Timur, direkrut menjadi kader Partai NasDem sebagai upaya persiapan menghadapi Pemilu 2024.

Wakil Ketua Bidang Pengkaderan dan Pendidikan Politik DPD NasDem Surabaya Srihono Yularko, di Surabaya, Rabu, mengatakan Pemilu 2024 merupakan yang ketiga kalinya diikuti Partai NasDem.

"Belajar dari pengalaman dua pemilu sebelumnya, NasDem ingin menjadi pemenang di Surabaya. Selain itu, juga menargetkan 10 kursi di DPRD Surabaya," katanya.

Untuk itu, kata dia, sebagai langkah konkret untuk mewujudkan itu semua, Partai NasDem Surabaya melakukan pengembangan organisasi partai di antaranya melalui mekanisme rekrutmen kader dan anggota baru serta memperkuat struktur partai di tingkat kecamatan (DPC) dan kelurahan atau ranting (DPRt).

Baca juga: NasDem Jatim harapkan sinergi kepala daerah tangani COVID-19

Srihono menuturkan untuk membentuk struktur di tingkat kecamatan atau dewan pimpinan cabang (DPC) direkrut 15 personel. Untuk Surabaya, lanjut dia, ada 31 kecamatan sehingga total yang dibutuhkan 465 personel. "Ini yang sudah terbentuk 90 persen," ujarnya.

Sedangkan di tingkat kelurahan atau dewan pimpinan ranting (DPRt) direkrut 11 personel di 154 kelurahan. "Kita juga akan merekrut kader berbasis Tempat Pemungutan Suara (TPS) 11 personel di tiap-tiap TPS. Jumlah TPS di Surabaya ada 8.100," katanya.

Srihono menjelaskan Partai NasDem Surabaya juga akan merekrut 50.000 anggota baru untuk diberi kartu tanda anggota (KTA) per tahun. "Mereka nanti akan diberdayakan secara ekonomi lewat pengurus ranting (kelurahan) dalam bentuk koperasi, UMKM, dan lain sebagainya," katanya.

Baca juga: Fraksi Demokrat-NasDem Surabaya jelaskan alasan tolak Pansus COVID-19

Sementara untuk pengembangan organisasi, kata dia, Partai NasDem Surabaya telah membentuk sayap- sayap partai, antara lain Garda, Baret, Garnita Malahayati, dan Gemuruh. "Kita juga menyiapkan kader-kader potensial untuk mengikuti akademi bela negara (ABN), sekolah kader, dan pendidikan politik," katanya.

Ditanya soal target merebut 10 kursi di DPRD Surabaya agar bisa membentuk fraksi sendiri dan mengusung calon pada Pilkada Surabaya berikutnya, Srihono menilai untuk Surabaya target itu sudah ideal dan tidak mudah melaksanakannya. Butuh konsentrasi khusus, perjuangan, dan struktur pembiayaan yang jelas.

"Saya optimistis dengan Ketua DPD Partai NasDem Surabaya yang baru (Robert Simangunsong) akan bisa mengantarkan Partai NasDem merebut 10 kursi di DPRD Surabaya, satu kursi di DPRD Jatim, dan satu kursi di DPR RI," katanya.

Baca juga: F-NasDem: Indonesia bisa belajar dari Fujian terapkan normal baru

Ia menegaskan, jika target 10 kursi di DPRD Surabaya ini disepakati, pihaknya akan melaksanakan rapat kerja daerah (rakerda) untuk mengkonkretkan langkah-langkah bersama pengurus DPC setelah diberikan SK.

"Jika target sudah ditetapkan, kami akan menggelar rapat koordinasi antarpengurus DPC, DPRt untuk membahas penuntasan strategi pemenangan pemilu di tingkat akar rumput," katanya.
Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020