Manahati yakin motivasi pemain terjaga walau liga tanpa degradasi

Manahati yakin motivasi pemain terjaga walau liga tanpa degradasi

Arsip - Pesepak bola Tira Persikabo Osas Saha (depan) bersama rekan setimnya Manahati Lestusen (belakang) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Kalteng Putra dalam laga Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/7/2019). Tira Persikabo menang dengan skor 5-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz

Jakarta (ANTARA) - Gelandang bertahan klub Tira Persikabo Manahati Lestusen yakin motivasi bertanding para pemain tetap terjaga walau ada wacana Liga 1 dan 2 musim 2020 tanpa degradasi.

"Apapun kondisinya para pemain pasti berjuang di lapangan karena, pada dasarnya, mereka bekerja untuk keluarganya sehingga akan melakukan yang terbaik," kata Manahati kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Meski demikian, pemain berusia 26 tahun itu mengakui bahwa kompetisi tanpa degradasi akan mengurangi tekanan terhadap pemain dan pelatih sehingga laga berlangsung lebih lepas.

"Tensi pertandingan tidak terlalu tinggi," kata pemain yang kerap memperkuat timnas Indonesia itu.

Baca juga: PSSI klaim semua klub sepakat Liga 1 dan 2 musim 2020 dilanjutkan

PSSI berencana melanjutkan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020 yang diliburkan sejak Maret 2020 karena pandemi COVID-19.

Dalam rapat virtual dengan PT Liga Indonesia Baru, seluruh klub Liga 1 dan 2, Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) serta Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) pada Selasa (2/6), PSSI menyebut salah satu opsi yang akan diterapkan jika liga digulirkan kembali adalah kebijakan tanpa degradasi.

Untuk jadwal kompetisi, PSSI menyebut bahwa kemungkinan Liga 1 dan 2 2020 dimulai lagi September atau Oktober 2020 dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kemudian, untuk Liga 1, pembayaran subsidi per termin dinaikkan dari Rp520 juta menjadi Rp800 juta dan pertandingan dipusatkan di Pulau Jawa agar seluruh tim tidak perlu berada di tempat publik terutama bandara.

Baca juga: PSSI bukukan prosedur tetap cegah COVID-19 untuk Liga 1 dan 2

Sementara bagi Liga 2 musim 2020, subsidi per termin dinaikkan menjadi Rp200 juta dan tanpa degradasi.

Selain itu, hanya ada dua tim, sebelumnya tiga, yang akan promosi ke Liga 1. Pertandingan Liga 2 juga diusulkan di Pulau Jawa dengan format home tournament. Sebanyak 24 tim peserta dibagi menjadi empat grup, di mana masing-masing grup dihuni enam klub.

PSSI akan menggelar rapat komite eksekutif untuk membuat keputusan akhir soal kelanjutan liga termasuk teknis dan penjadwalan. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi mengenai kapan rapat itu dilaksanakan.

Baca juga: Manahati Lestusen sambut baik wacana berlanjutnya liga musim 2020
Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020