BMKG: Peringatan dini tujuh daerah di Sultra potensi hujan lebat

BMKG: Peringatan dini tujuh daerah di Sultra potensi hujan lebat

Ilustrasi - Awan menggumpal di daerah Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. (ANTARA/Harianto)

Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, mengeluarkan peringatan dini waspada terhadap potensi hujan lebat disertai guntur dan angin kencang yang dapat terjadi di tujuh daerah di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kendari, Adi Astyono, Sabtu. mengatakan ketujuh wilayah tersebut di antaranya Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Utara, dan Kolaka Timur.

"Peringatan dini berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang. Berdasarkan prakiraan cuaca pada hari ini kondisi tersebut berpotensi terjadi pada siang hingga sore hari di beberapa wilayah tersebut" kata Adi, di Kendari.

Sementara potensi hujan sedang, lanjut Faizal, berpotensi terjadi di wilayah Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Utara, dan Kolaka Timur. Hujan Ringan di wilayah Konawe Kepulauan, Bombana, Buton Utara, Muna, dan Muna Barat.

Ia juga menyampaikan huhu udara mencapai 24-33 derajat celcius, dengan kelembaban udara 65-95 persen dan angin bertiup dari Timur menuju Tenggara dengan kecepatan 2-30 kilometer per jam.

Faizal juga menjelaskan bahwa BMKG Kendari juga telah mengeluarkan peringatan dini potensi terjadi hujan lebat disertai guntur dan angin kencang dapat terjadi pada Minggu (7/6) besok, di wilayah Kabupaten Konawe Utara.

Adi mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.
Baca juga: BMKG: Sultra saat Idul Fitri 1441H berpotensi hujan sedang dan ringan
Baca juga: BMKG Kendari keluarkan peringatan dini waspada potensi hujan lebat
Baca juga: Nelayan di Sultra diimbau BMKG waspadai cuaca ekstrem sebelum melaut
Pewarta : Muhammad Harianto
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020