Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Papua menyatakan saat ini terjadi lonjakan jumlah warga yang positif terpapar virus corona menjadi 1.038 orang.

"Hari ini, Sabtu bertambah 109 orang; 108 orang di antaranya berasal dari Kota Jayapura dan satu orang positif di Kabupaten Jayapura," kata Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Papua dr. Silwanus Sumule di Jayapura, Sabtu malam, mengakui terjadi penambahan jumlah pasien positif terjangkit virus corona yang signifikan.

"Penambahan terbanyak berasal dari Kota Jayapura, " jelas Sumule kepada wartawan melalui livestreaming.

Baca juga: Jubir Satgas: Satu anggota Polri meninggal akibat positif COVID-19

Sekretaris Dinkes Papua itu mengatakan, peningkatan itu terjadi karena Kota Jayapura melakukan rapid test massal kepada warganya dan itu akan terus dilakukan.
tracing  dan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan PCR bagi warga yang hasil rapid test-nya reaktif.

Faktor itulah menyebabkan jumlah positif COVID-19 terus bertambah, jelas dr. Sumule seraya menambahkan, pasien yang dirawat sebanyak 738 orang.

Pasien COVID-19 yang sembuh tercatat 286 orang dan meninggal 14 orang, jumlah PDP sebanyak 805 orang serta ODP 3.235 orang.

Untuk menekan penyebaran COVID-19 diharapkan masyarakat benar-benar menerapkan protokol kesehatan misalnya menggunakan masker saat di luar, jaga jarak dan selalu menjaga kebersihan, harap dr. Sumule.

Baca juga: Satu keluarga di Jember terkonfirmasi positif COVID-19
Baca juga: Satu lagi tenaga kesehatan positif COVID-19 di Tarakan
Baca juga: Delapan kasus positif COVID-19 di Kota Bogor sembuh

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020