Tim SAR gabungan temukan korban tenggelam di Pantai Nusakambangan

Tim SAR gabungan temukan korban tenggelam di Pantai Nusakambangan

Tim SAR gabungan saat mengevakuasi jenazah Ahmad Wahyudi yang ditemukan dalam kondisi mengambang di pinggiran Pantai Pasir Putih, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin (8/6/2020). ANTARA/HO-Basarnas KPP Cilacap

Purwokerto (ANTARA) - Tim "search and rescue" (SAR) gabungan berhasil menemukan korban tenggelam di Pantai Pasir Putih, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, setelah dilakukan pencarian selama tiga hari.

"Korban atas nama Ahmad Wahyudi (20) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada pukul 14.00 WIB," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin sore.

Ia mengatakan jenazah Ahmad Wahyudi pertama kali ditemukan oleh nelayan dan selanjutnya dilaporkan ke tim SAR gabungan yang saat itu sedang melakukan penyisiran di sekitar Pantai Pasir Putih.

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan korban tenggelam di Segara Anakan Cilacap

Setelah menerima informasi tersebut, kata dia, tim SAR gabungan segera mendatangi lokasi yang dilaporkan oleh nelayan.

"Sesampainya di lokasi, tim SAR gabungan segera mengevakuasi jenazah Ahmad Wahyudi yang saat itu masih mengambang di pinggiran pantai," katanya.

Ia mengatakan jenazah Ahmad Wahyudi kemudian dievakuasi menggunakan perahu karet menuju Area 70, Teluk Penyu, Cilacap, dan selanjutnya dibawa ke RSUD Cilacap untuk menjalani pemeriksaan sebelum dipulangkan ke rumah duka, Desa Sarwadadi, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap.

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan korban tenggelam di Sungai Serayu Banyumas

"Dengan ditemukannya jenazah Ahmad Wahyudi, operasi SAR untuk mencari dan menolong korban tenggelam di Pantai Pasir Putih dinyatakan ditutup. Selanjutnya, seluruh potensi SAR yang terlibat dalam operasi, telah kembali ke kesatuannya masing-masing," katanya.

Nyoman mengatakan operasi SAR tersebut melibatkan personel Basarnas KPP Cilacap, Satuan Polisi Perairan Polres Cilacap, Pangkalan TNI Angkatan Laut Cilacap, Koramil Cilacap Selatan, Polsek Cilacap Selatan, Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, PMI Cilacap, Tim Pertolongan Kecelakaan Laut (TPKL) Cilacap, RAPI Cilacap, Cilacap Rescue, SAR MTA, SAR Pandanarang, Banser, SAR Cilacap, serta dibantu nelayan dan keluarga korban.

Baca juga: Dua korban tenggelam di muara Sungai Lukulo ditemukan sudah meninggal

Seperti diwartakan, Ahmad Wahyudi yang diketahui tidak bisa berenang dilaporkan hilang akibat tenggelam pada Sabtu (6/6), sekitar pukul 15.50 WIB, saat korban bersama salah seorang rekannya sedang mandi di Pantai Pasir Putih, Pulau Nusakambangan, Cilacap.

KPP Cilacap yang menerima informasi tersebut langsung memberangkatkan satu regu Basarnas menuju lokasi kejadian untuk mencari dan menolong korban.
Pewarta : Sumarwoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020