Dompet Dhuafa gandeng investor sejahterakan peternak lokal

Dompet Dhuafa gandeng investor sejahterakan peternak lokal

Ketua Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Zainal Abidin Sidik. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa menggandeng sejumlah investor sebagai salah satu upaya untuk membantu menyejahterakan para peternak lokal saat Hari Raya Idul Adha 1441 hijriah nanti.

"Ini merupakan salah satu inovasi yang kita lakukan guna membantu menyejahterakan peternak," kata Ketua Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Zainal Abidin Sidik saat konferensi video terkait "Kurban Berbasis Digital THK DD Mudahkan Akses Masyarakat" yang dipantau di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan pengalaman selama beberapa tahun terakhir diketahui keuntungan terbesar saat Hari Raya Idul Adha tiba diperoleh para rentenir bukan peternak.

"Keuntungan terbesar dari program kurban seluruh Indonesia ternyata tidak dinikmati peternak yang memelihara domba, kambing, sapi maupun kerbau," kata dia.

Baca juga: Dompet Dhuafa-Ok Oce kembangkan ketahanan pangan berbasis pesantren

Baca juga: LKC Dompet Dhuafa berdayakan warung kelontong distribusikan sembako

                                                                                                                                                                                                            
Hal itu ia ketahui setelah adanya penelitian yang menemukan bahwa para peternak terpaksa meminjam modal kepada rentenir sebagai pasokan menjelang Idul Adha. Tidak hanya meminjamkan modal kepada peternak, biasanya para rentenir juga bertindak sebagai pedagang besar saat momen Idul Adha tiba.

"Jadi pada akhirnya peternak tadi harus menjual hewan ternaknya kepada orang yang meminjamkan modal tadi," katanya.

Oleh karena itu, Dompet Dhuafa berinisiatif menggandeng para investor yang bisa membantu membiayai para peternak sehingga tidak tergantung lagi kepada rentenir, katanya.

Dengan menggandeng investor tadi, Dompet Dhuafa tetap memberikan keuntungan namun dibatasi. Sebab, pada prinsipnya laba terbesar harus diperoleh para peternak lokal.

Pada Idul Adha 1441 hijriah lembaga kemanusiaan tersebut menargetkan 30 ribu ekor kambing dan domba serta 1.000 ekor sapi disembelih. Dompet Dhuafa juga melibatkan 15 kelompok ternak yang diharapkan kesejahteraan mereka dapat terus terangkat atau lebih baik lagi.

Baca juga: Dompet Dhuafa targetkan sembelih 30 ribu ekor hewan kurban
Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020