Gubernur DIY Sri Sultan HB X melalui suratnya sudah melarang kami untuk tidak menerima penerbangan langsung dari luar negeri
Kulon Progo (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) akan membuka penerbangan rute internasional di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada September 2020.

Pelaksana Tugas General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, DIY, Kamis, mengatakan hingga beberapa bulan ke depan, belum ada penerbangan internasional yang melayani penerbangan ke Singapura atau Malaysia di Bandara Internasional Yogyakarta.

"Gubernur DIY Sri Sultan HB X melalui suratnya sudah melarang kami untuk tidak menerima penerbangan langsung dari luar negeri. Hal ini berkaitan dengan kesiapan DIY menuju new normal dan pencegahan penyebaran COVID-19," katanya.

Baca juga: Bandara YIA Kulon Progo terima 15 penerbangan per hari

Ia mengatakan ekspatriat yang akan kembali ke negaranya dapat melalui bandara lain seperti  Jakarta, Bali, dan Makassar. Kalau DIY, belum membuka penerbangan internasional sampai September 2020.

"Kemungkinan penerbangan internasional pada September di Bandara YIA akan mulai bergerak. Tapi, ini pun sifatnya dinamis karena prediksi internasional, pada Agustus penyebaran COVID-19 baru selesai, sehingga kembali dibuka pada September. Kalau penyebaran COVID-19 masih berlanjut, maka pembukaan penerbangan internasional bisa ditunda hingga akhir tahun," kata Agus.

Ia mengatakan Angkasa Pura juga sudah melayani penerbangan domestik sejak 1 Juni 2020 pascaditutup sementara untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

Namun demikian, ia berharap mitra AP I yang menggunakan Bandara YIA untuk menerapkan protokol kesehatan. "Itu kuncinya. Kami sudah menyiapkan protokol kesehatan dari pintu masuk ke bandara sampai dengan mereka menggunakan pesawat. Sebaliknya mereka yang tiba di Bandara YIA sampai keluar bandara, kami terapkan protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: AP I imbau penumpang pesawat di Bandara YIA patuhi protokol kesehatan
Baca juga: Empat maskapai penerbangan layani penerbangan melalui Bandara YIA

Pewarta: Sutarmi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020