Jakarta (ANTARA) - Ada sederet makanan yang menyehatkan untuk tubuh dan manfaat ini bisa hilang jika Anda salah mengolahnya. Cara Anda menyiapkan atau memasak makanan sangat penting dalam memastikan nutrisi dari makanan yang Anda makan.

Laman Pinkvilla baru-baru ini mencatat beberapa sayuran sehat yang paling sering diolah dan dikonsumsi dengan cara yang tak tepat, salah satunya bawang putih.

Sayuran ini mengandung enzim penting yang disebut allicin. Orang-orang biasanya menyiapkan bawang putih dengan memotongnya dan menaruhnya ke dalam wajan segera.

Namun, kekuatan allicin meningkat ketika terkena udara. Oleh karena itu, cara terbaik membiarkan bawang putih selama 10 menit setelah memotongnya.

Di sisi lain, sebagian orang juga salah mengolah tomat dan kebanyakan mengonsumsinya mentah. Namun, para ahli mengatakan, tomat harus dimasak agar Anda bisa mendapatkan manfaat dari kandungan likopennya. Nutrisi buah atau sayuran ini meningkat ketika dipanaskan.

Sementara itu, brokoli tidak boleh digoreng atau direbus, menurut para ahli. Sayuran ini sebaiknya dikonsumsi mentah atau dikukus. Brokoli kaya kandungan antioksidan, vitamin C, dan senyawa anti kanker yang bisa hilang ketika sayuran digoreng atau direbus.

Terakhir, buah kiwi. Banyak orang suka mengupas kulit buahnya sebelum memakannya. Namun, kulit kiwi sebenarnya mengandung vitamin E konsentrasi tinggi, folat dan nutrisi lainnya. Anda dianjurkan mengonsumsi kulit dan buah secara keseluruhan, demikian seperti dilansir Medical Daily.


Baca juga: Konsumsi kol, brokoli untuk kurangi risiko kena kanker usus

Baca juga: Daftar makanan yang ringankan migrain

Baca juga: Brokoli bagus untuk kesehatan usus

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020