ASEAN, China tingkatkan kerja sama ekonomi digital

ASEAN, China tingkatkan kerja sama ekonomi digital

Menteri Industri dan Teknologi Informasi China Miao Wei (Imagine China/Ke wei)

Jakarta (ANTARA) - Pehimpungan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) dan China sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi digital.

Kesepakatan itu dicanangkan dalam Tahun Kerja Sama Ekonomi Digital 2020 yang digelar secara virtual, Jumat (12/6).

Menteri Industri dan Teknologi Informasi China (MIIT) Miao Wei menyebutkan peningkatan kerja sama pada jaringan telekomunikasi berbasis 5G, internet untuk segala kebutuhan (IoT), kecerdesan artifisial (AI), internet industri, dan pencegahan epidemi digital.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi memperkirakan ekonomi digital ASEAN akan meningkat dari 1,3 persen total PDB pada 2015 menjadi 8,5 persen PDB 2025.

Ia melihat China berada di garis depan pengembangan infrastruktur digital sehingga menjadi mitra penting bagi ASEAN dalam meningkatkan pembangunan ekonomi digital di kawasan.

Baca juga: ASEAN-China bangun Jalur Sutra Kesehatan perangi COVID-19

ASEAN telah menjadi mitra dagang terbesar China pada Januari-Mei 2020 dengan peningkatan sekitar 4,2 persen dibandingkan periode yang sama 2019 menjadi 1,7 tiriliun yuan.

Nilai perdagangan dengan ASEAN selama periode Januari-Mei itu mencatat porsi 14,7 persen dari total perdagangan luar negeri China.

Sebelumnya, Pusat ASEAN-China (ACC) juga menggelar seminar virtual tentang ekonomi digital pada Selasa (9/6).

Webinar tersebut menghadirkan pembicara Jenderal Surasit Thanadtang selaku Kepala Lembaga Penelitian Thailand-China, Liu Zhengfu (Deputi Dirjen Penelitian dan Pengembangan Dewan Promosi Perdagangan Internasional China), Han Yonghong (Wakil Pemred Lianhe Zaobao Singapura), Prof Gu Qingyang (National University of Singapore), Fang Hanting (Wakil Pemimpin Redaksi Science and Technology Daily), Thepchai Sae Yong (Ketua Konfederasi Jurnalis ASEAN), Yang Ping (Wakil Kepala Akademi China dan Dunia Internasional Kontemporer), dan M. Irfan Ilmie (LKBN ANTARA). ***2***(T.M038)

Baca juga: Di tengah krisis wabah, ASEAN jadi mitra dagang terbesar China
Baca juga: Kerja sama media ASEAN-China diyakini mampu bangkitkan ekonomi digital
Baca juga: ASEAN-China bangun Jalur Sutra Kesehatan perangi COVID-19

 
Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Azis Kurmala
COPYRIGHT © ANTARA 2020