Polda Kalteng gelar 'touring' siaga karhutla dan peduli COVID-19

Polda Kalteng gelar 'touring' siaga karhutla dan peduli COVID-19

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo (kedua kiri) didampingi Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto (kiri menyerahkan sembako kepada masyarakat disela-sela touring siaga karhutla di tiga daerah yang ada di provinsi setempat, Sabtu (13/6/2020). ANTARA/HO Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah menggelar touring siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan peduli terhadap masyarakat yang terdampak COVID-19 dengan rute Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Sabtu, mengatakan kegiatan tersebut diadakan sekaligus melakukan pengecekan kesiapsiagaan Posko karhutla yang ada di beberapa daerah yang ada di provinsi setempat.

"Selain melakukan pengecekan kesiapan soal karhutla kami bersama Komandan Korem (Danrem) 102/Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di tiga daerah tersebut," kata Dedi.

Baca juga: Brigjen Dedi beberkan prioritasnya setelah jabat Kapolda Kalteng

Selain membagikan sembako dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada masyarakat, pihaknya juga memberikan membagikan peralatan pemadam kebakaran di posko Karhutla Sebangau dan Posko Kelurahan Marang.

Pemberian peralatan pemadam kebakaran tentunya bisa bermanfaat bagi masyarakat di daerah itu. Selama ini agar bencana alam karhutla tidak terjadi, setidaknya masyarakat yang berada di kawasan pedalaman serta yang terlibat dalam posko karhutla bisa mencegah karhutla yang dapat menimbulkan dampak yang sangat luas bagi masyarakat.

"Semoga dengan diadakan kegiatan ini dapat menciptakan Kalimantan Tengah yang tanggap terhadap bencana karhutla," ucap jenderal berpangkat bintang dua itu.

Baca juga: Polda Kalteng gandeng media massa edukasi masyarakat terkait COVID-19

Di lain pihak, Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Hendra Rochmawan menambahkan, bahwasanya kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini akan memberikan lebih banyak lagi bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak dari pandemi COVID-19.

Touring karhutla, pembagian sembako kepada masyarakat itu tidak lain juga masih dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-74.

"Ini juga rangkaian HUT Bhayangkara ke-74, jadi semuanya dirangkai dalam kegiatan yang positif dan memberikan hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat kita," demikian mantan Kepala Sekolah Polisi Negara Tjilik Riwut Polda Kalteng.

Baca juga: Polda Kalteng tangkap peregistrasi kartu perdana secara ilegal
Pewarta : Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020