Basarnas: Seorang pemuda tenggelam di Curug Rambu Kasang Brebes

Basarnas: Seorang pemuda tenggelam di Curug Rambu Kasang Brebes

Personel Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap saat melakukan koordinasi sebelum diberangkatkan menuju Kabupaten Brebes untuk mencari dan menolong seorang pemuda yang hilang akibat tenggelam di Curug Rambu Kasang, Desa Grogol, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu (14/6/2020) malam. ANTARA/HO-Basarnas KPP Cilacap

Purwokerto (ANTARA) - Seorang pemuda dilaporkan hilang akibat tenggelam di Curug Rambu Kasang, Desa Grogol, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya, Minggu.

"Berdasarkan informasi yang kami terima pada pukul 19.00 WIB dari saudara Waryadi selaku Ketua SAR Brebes, korban diketahui bernama Dasirun (23), warga Desa Kamal, Kecamatan Larangan, Brebes," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu malam.

Ia mengatakan peristiwa nahas tersebut terjadi saat korban bersama dua rekannya, Widi (25) dan Komar (23) yang juga berasal dari Desa Kamal mengunjungi Curug Rambu Kasang di kawasan hutan petak 81-G Resor Pemangkuan Hutan Ciseureuh, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjarharjo Timur, KPH Balapulang, yang masuk wilayah Desa Grogol, Kecamatan Ketanggungan, Brebes, pada hari Minggu (14/6), sekitar pukul 14.30 WIB.

Baca juga: Basarnas: 2 orang tenggelam di muara Sungai Lukulo Kebumen

Tiga pemuda tersebut mandi di kedung bawah Curug Rambu Kasang dan selang 30 menit kemudian, kata dia, korban atas nama Dasirun tenggelam karena tidak bisa berenang, sedangkan dua rekannya selamat.

"Setelah menerima informasi tersebut, kami pada pukul 19.30 WIB memberangkatkan satu regu Basarnas KPP Cilacap menuju lokasi kejadian untuk mengelar operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban. Mereka membawa peralatan lengkap seperti rescue car carrier, rubber boat, satu set alat selam, dan satu set pakaian hazmat," kata Nyoman.

Ia mengatakan personel Basarnas KPP Cilacap akan bergabung dengan potensi SAR lainnya yang telah berada di lokasi kejadian untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban.

Menurut dia, potensi SAR yang telah berada di lokasi kejadian, antara lain anggota Polsek Ketanggungan, SAR Brebes, PMI Brebes, dan dibantu warga sekitar.

"Untuk rencana operasi SAR besok pagi (15/6), personel Basarnas akan melakukan penyelaman karena diketahui bahwa kedung di bawah curug tersebut memiliki kedalaman sekitar 7 meter," katanya. 

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan korban tenggelam di Pantai Nusakambangan
Baca juga: Dua korban tenggelam di muara Sungai Lukulo ditemukan sudah meninggal

 
Pewarta : Sumarwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020