Dari saya lahir itu kuburan sudah ada
Jakarta (ANTARA) - Pemakaman keluarga di kawasan Pisangan Lama, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, berada di lintasan jalan umum pada wilayah padat hunian.

"Dari saya lahir itu kuburan sudah ada. Kebanyakan makam keluarga orang Betawi dan kerabat dekatnya," kata Ketua RT03 RW04 Pisangan Lama, Basyir (54), di Jakarta, Selasa.

Tiga makam berukuran 1 x 2 meter persegi saat ini tampak berada di sisi jalan kawasan padat hunian Gang Cemp, Pisangan Lama.

Dua makam berdekatan lengkap dengan batu nisan, salah satunya bernama Mardjuki, sementara satu makam lainnya yang tanpa batu nisan terpisah sekitar 1,5 meter.

Basyir mengatakan makam tersebut telah ada sejak tahun 1940 sebab tanah tersebut awalnya merupakan area pemakaman keluarga.
Warga melintas di dekat makam yang berada di jalan umum kawasan Pisangan Lama, Jakarta Timur, Selasa (16/6/2020). Warga setempat menyebutkan jika makam keluarga itu ada sejak 1940. (ANTARA/HO-Kelurahan Pisangan Timur)


"Tadinya ada pihak warga mewakafkan tanahnya. Ini lingkungan makam keluarga, sejarah anak cucunya. Yang meninggal tokoh kampung ini di masa lalu," katanya.

Namun seluruh keluarga dari pemilik makam telah pindah dari lingkungan sekitar dan jika Lebaran biasanya ada yng menyempatkan diri hadir untuk ziarah.

"Kalau keluarga di sini sih tidak ada yang terganggu dan sudah terbiasa," katanya.

Baca juga: Menengok perjuangan petugas pemakaman COVID-19 di Surabaya

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020