Menperin: lahan dan tenaga kerja jadi sorotan calon investor asing

Menperin: lahan dan tenaga kerja jadi sorotan calon investor asing

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasamita. ANTARA/HO-Kemenperin/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebutkan terdapat dua hal yang menjadi sorotan calon investor asing ketika ingin menanamkan investasinya di Tanah Air, yaitu persoalan lahan dan ketenagakerjaan.

“Dari apa yang saya lihat setelah mengunjungi beberapa negara untuk menarik investasi, dua hal tersebut yang menjadi sorotan calon investor di luar negeri,” kata Menperin Agus Gumiwang saat menghadiri webinar di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menperin siapkan stimulus tambahan bagi industri terdampak pandemi

Kedua persoalan tersebut, lanjut Agus, tengah diatasi di dalam Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Kerja yang sedang dalam masa pembahasan.

“Para calon investor sangat mengapresiasi RUU Cipta Kerja ini untuk menciptakan suasana investasi yang kondusif,” ujar Menperin.

Hal tersebut disampaikan Menperin terkait adanya peluang untuk menarik para investor yang merelokasi pabriknya dari China.

Baca juga: Manajer investasi: Penanganan COVID-19 jadi kunci keyakinan investor

Dalam hal ini, Menperin menyebut bahwa Indonesia memiliki keunggulan yang belum tentu dimiliki negara lain, yaitu jumlah populasi yang sangat besar.

“Pastilah mereka masuk karena populasi kita yang sangat besar,” tukas Agus.

Untuk itu, diperlukan iklim investasi kondusif agar para calon investor asing memutuskan untuk menanamkan investasinya di Indonesia.

Pewarta : Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020