Alat peringatan dini gempa-tsunami dipasang di Deliserdang-Sumut

Alat peringatan dini gempa-tsunami dipasang di Deliserdang-Sumut

BMKG Deliserdang, Sumatera Utara, memasang Warning Receiver Sytem (WRS) New Generation di ruang pelayanan Stasiun Geofisika Deliserdang untuk informasi lebih cepat jika terjadi gempa bumi. ANTARA/HO-BMKG Deliserdang/am.

Deliserdang, Sumut (ANTARA) - BMKG Deliserdang, Sumatera Utara memasang alat penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami generasi baru (Warning Receiver System New Generation/WRS NewGen) di ruang pelayanan Stasiun Geofisika Deliserdang untuk informasi lebih cepat jika terjadi gempa bumi.

Kepala Stasiun Geofisika Deliserdang, Teguh Rahayu di Deliserdang, Ahad mengatakan ,alat WRS generasi baru itu merupakan peralatan penerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami berupa "smart display".

"Peralatan WRS generasi baru itu mampu menyajikan informasi dalam kurun waktu kurang dari tiga menit setelah terjadi gempa bumi dan diharapkan akan memudahkan dalam respon cepat untuk memberikan informasi dini kepada pemangku kepentingan," katanya

Ia mengatakan WRS generasi baru itu diharapkan menjamin pemangku kepentingan menerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami untuk mengambil langkah penting selanjutnya.

"Pemasangan WRS New Gen ini merupakan percepatan informasi gempa bumi dan tsunami secara 'real time' dan merupakan terobosan baru dari BMKG," kata perempuan yang biasa disapa Ayyu itu.

Ia mengatakan pemasangan WRS generasi baru itu selanjutnya akan dilakukan di beberapa wilayah di Sumut yang dinilai strategis agar masyarakat cepat mengetahui infomasi tentang gempa jika terjadi.

Sejumlah tempat tersebut yakni Kantor Bupati Dairi, Kantor Bupati Humbang Hasundutan, Kantor Bupati Karo, Kantor Bupati Labuhanbatu, Kantor Bupati Padang Lawas, Kantor Bupati Pakpak Barat.

Kemudian juga dipasang di Kantor Bupati Samosir, Kantor Bupati Tapanuli Selatan, Kantor Bupati Tapanuli Utara dan Kantor BPBD Asahan, demikian Teguh Rahayu.

Baca juga: BMKG Ambon serahkan alat penyebar informasi gempa WRS NewGen

Baca juga: BMKG uji sirine peringatan dini tsunami di Cilacap

Baca juga: BPPT luncurkan alat peringatan dini tsunami

Baca juga: Alat peringatan dini tsunami di Sorong dan Raja Ampat tak berfungsi
Pewarta : Juraidi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020