Di Natuna saya memberikan message yang loud and clear kepada tetangga kita. Kita tidak akan pernah kompromi terhadap teritory integrity
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan Indonesia tidak berkompromi soal kedaulatan maritim.

"Mengenai kedaulatan maritim, kita tidak pernah kompromi dengan siapapun," kata Luhut Pandjaitan dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Senin.

Luhut pun menjelaskan ketegasan yang sama telah disampaikan kepada pihak-pihak yang bersinggungan di Natuna, Kepulauan Riau, yang sempat memanas beberapa waktu lalu karena masuknya kapal ikan asing di perairan tersebut.

Baca juga: 4 KRI disiagakan di Laut Natuna

"Di Natuna saya memberikan message yang loud and clear kepada tetangga kita. Kita tidak akan pernah kompromi terhadap teritory integrity dari pada Indonesia. Itu jelas. Jadi berteman boleh tapi jangan sampai mengusik kita," ujar Luhut Pandjaitan.

Ia menambahkan perlu dibedakan hubungan kerja sama ekonomi dengan kedaulatan negara. Oleh karena itu meski punya hubungan ekonomi yang baik, pemerintah Indonesia tidak akan segan jika sudah berkaitan dengan kedaulatan negara.

Baca juga: Wakil Ketua MPR minta pemerintah perkuat TNI di Laut Natuna Utara

"Kau boleh investasi di negeriku, tapi kalau soal teritori integritas, kita tidak akan pernah diskusi mengenai itu," tegas Luhut Pandjaitan.

Sebelumnya Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi memastikan pemerintah tetap menjaga laut, termasuk di Natuna dengan sistem yang lebih canggih.

Baca juga: Kemenko Maritim pastikan tetap jaga laut dengan sistem lebih canggih

Baca juga: DPR apresiasi pemerintah tegas tentang perairan Natuna

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020