Baturaja (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan kini nihil kasus positif COVID-19 dan dinyatakan kembali kategori zona hijau setelah hasil swab pasien positif corona terakhir di wilayah setempat berinisial K negatif.

"Alhamdulilah hasil swab-nya negatif. Begitu juga dengan kontak erat enam orang lainnya, hasil swabn-ya juga negatif," kata Humas Satgas COVID-19 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Feri Iswan di Baturaja, Senin.

Dengan demikian, lanjut Feri, Kabupaten OKU mulai Minggu (21/06) sore dinyatakan kembali ke zona hijau.

"Sekarang mari kita songsong new normal dengan mengedepankan protokol kesehatan," tegasnya.

Sementara itu, Sekda OKU sekaligus Wakil Ketua Satgas COVID-19, Achmad Tarmizi menambahkan selama empat bulan terakhir semua pihak telah bekerja keras dan saling bahu membahu untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona itu.

Hasilnya, kata Sekda, kini OKU kembali ke zona hijau karena 40 pasien yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19 sudah dinyatakan sembuh.

"Ini berkat kerja keras semua pihak khususnya peran serta tenaga medis di sejumlah rumah sakit di daerah yang patut diacungi jempol," katanya.

Dia menegaskan, kedepan pihaknya menargetkan akan melakukan rapid tes terhadap minimal satu persen penduduk OKU guna memastikan wilayah setempat bersih dari corona.

"Sekarang semua aktivitas di OKU sudah bisa kembali normal seperti biasa. Namun protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan," ujarnya. ***3***
Baca juga: Seorang pasien positif COVID-19 asal Kabupaten OKU dinyatakan sembuh
Baca juga: Bupati OKU minta penambahan posko terpadu di perbatasan kabupaten
Baca juga: Jumlah pasien COVID-19 di OKU sembuh bertambah menjadi 27 orang
Baca juga: Cegah jurnalis tertular, Gubernur Sumsel bantu alat "rapid test"

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2020