Baru saja kami menyerahkan secara simbolis mobile ventilator kepada Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo
Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof Ari Kuncoro, SE, MA, PhD menyerahkan bantuan ventilator hasil karya UI kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk membantu upaya penanganan penyakit yang disebabkan virus corona baru.

"Baru saja tadi kami menyerahkan secara simbolis mobile ventilator kepada Kepala (Kepala BNPB) Letjen TNI Doni Monardo untuk disumbangkan kepada rumah sakit-rumah sakit yang ada di Indonesia," kata Ari dalam konferensi pers di Graha BNPB yang dipantau secara daring di Jakarta pada Rabu.

Baca juga: UI siap distribusikan ventilator lokal COVENT-20 ke rumah sakit

Menurut dia, rencananya mobile ventilator bernama Covent-20 itu akan diproduksi sampai 300 dan akan diberikan kepada rumah sakit yang membutuhkan dengan basis donasi.

Yang menarik, kata dia, mobile ventilator itu merupakan hasil kolaborasi dari dua fakultas multidisiplin yaitu Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik dan didanai oleh berbagai pihak termasuk Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek).

Baca juga: Adaro-UI distribusikan 100 ventilator COVENT-20 ke rumah sakit

Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Ketua Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro yang juga hadir dalam penyerahan itu, memuji keberhasilan UI membuat lima ventilator yang didesain dan diproduksi di Indonesia dalam waktu tiga bulan.

Kelima ventilator itu sudah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan dan siap dipakai oleh rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya dengan lima lainnya tengah dalam tahap uji klinis, tegas Bambang.

Baca juga: UI serahkan ventilator COVENT-20 ke RSCM

"Tentunya apa yang dilakukan UI sangat membanggakan kami, karena sebagai salah satu insan dari dunia perguruan tinggi dan pendidikan dalam waktu yang relatif singkat mereka berhasil membuat sesuatu yang tadinya tidak pernah dibayangkan sebelumnya," kata Menristek.

Meski masih ada komponen impor di dalamnya, Menristek menegaskan bahwa 70 persen komponen pembuatannya berasal dari Indonesia. Bambang juga memuji kolaborasi UI dengan ikatan alumni, filantropis dan pemerintah untuk dana pembuatan dan distribusi.

Baca juga: Menlu sebut bantuan 100 ventilator dari AS tiba awal Juli
 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020