Tim GTPP Denpasar sebut 23 orang sembuh COVID-19

Tim GTPP Denpasar sebut 23 orang sembuh COVID-19

Juru Bicara Tim GTPP COVID-19 Denpasar, I Dewa Gede Rai (kanan). ANTARA/I Komang Suparta

Denpasar (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Denpasar Provinsi Bali mencatat adanya peningkatan sebanyak 23 orang sembuh dari positif COVID-19.

"Hari ini, tercatat angka kesembuhan pasien COVID-19 sebanyak 23 orang. Kendati demikian, pasien positif COVID-19 juga bertambah sebanyak 16 orang, dan seorang dinyatakan meninggal dunia," kata Juru Bicara Tim GTPP COVID-19 Denpasar I Dewa Gede Rai di Denpasar, Rabu.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Boyolali bertambah lima orang

Ia mengatakan warga yang meninggal akibat COVID-19 berdomisili di wilayah Kelurahan Ubung. Oleh karena itu masyarakat harus selalu waspada dan mengikuti protokol kesehatan.

Lebih lanjut Dewa Rai menjelaskan kasus positif COVID-19 masih terus terjadi. Dimana, kasus positif baru di internal keluarga mulai mendominasi. Sedangkan pasien positif dengan riwayat perjalanan dalam daerah juga masih ditemukan. Kedua klaster baru inilah yang patut diwaspadai bersama, mengingat adanya mobilitas penduduk yang cukup tinggi di Kota Denpasar.

Baca juga: Jumlah pasien sembuh COVID-19 di Palangka Raya 120 orang

"Hari ini, dari 16 pasien positif COVID-19, mereka dengan riwayat perjalanan dalam daerah mendominasi dengan 11 kasus, orang tanpa gejala (OTG) yang dinyatakan positif sebanyak empat orang, dan pasien dalam pengawasan (PDP) yang positif sebanyak satu orang," ucapnya.

Ia mengatakan pihaknya mengingatkan klaster perjalanan dalam daerah dan keluarga menjadi catatan serius, dan ini harus diwaspadai bersama dengan menerapkan protokol kesehatan di rumah tangga dan lingkungan sekitar yang lebih disiplin.

Baca juga: Jumlah pasien sembuh COVID-19 di Lampung bertambah satu orang

Dari perkembangan kasus COVID-19, Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan COVID-19.

Selain kasus positif, keberadaan orang tanpa gejala (OTG) hasil penelusuran tim juga mengalami peningkatan, dan menjadi ancaman penularan baru. Untuk itu perlu tetap meningkatkan kewaspadaan.

Secara kumulatif, Dewa Rai menjelaskan kasus COVID-19 di Kota Denpasar sebanyak 555 kasus positif. Rinciannya adalah 219 sembuh, 10 orang meninggal dunia, dan 326 orang masih dalam perawatan.

Sementara keberadaan OTG hasil penelusuran Tim GTPP secara kumulatif sebanyak 1.768 kasus, namun dinyatakan sehat setelah isolasi mandiri 573 orang, sehingga tersisa 1.195 OTG.

Begitu juga orang dalam pemantauan (ODP) secara kumulatif tercatat 328 kasus, namun sudah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sehat sebanyak 277 kasus, sehingga masih tersisa 51 ODP.

Dan pasien dalam pengawasan (PDP) secara kumulatif sebanyak 127 kasus, namun 48 orang sudah dinyatakan negatif setelah menjalani swab test, sehingga tersisa 79 yang berstatus PDP.
Pewarta : I Komang Suparta
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020