Bogota (ANTARA) - Otoritas Amerika Serikat (AS) dan Kolombia menggagalkan pengiriman 7,5 ton lebih kokaina senilai sekitar 286 juta dolar AS (setara Rp4,1 triliun) dalam sebuah operasi gabungan, menurut keterangan Pemerintah Kolombia pada Rabu (1/6).

Narkotika tersebut dicampur dengan produk konstruksi dan dikirimkan dari pelabuhan Kota Cartagena di Kolombia menuju Panama, kata pemerintah dalam pernyataan.

Kiriman itu disebut "dimiliki oleh organisasi pengedar narkoba yang terasosiasi dengan kartel bersenjata Clan del Golfo", dan hendak diterima oleh kartel bersenjata lain di Amerika Tengah dan Eropa.

Produksi potensial kokaina hidroklorida murni di Kolombia meningkat 1,5 persen pada 2019 menjadi 1.137 metrik ton, bahkan ketika lahan yang ditanami tanaman koka --bahan utama narkotika itu-- menyusut, menurut UNODC (Kantor PBB untuk Urusan Narkoba dan Kejahatan) pada Juni.

Meskipun pemerintah telah menjalankan upaya antinarkotika dalam beberapa dekade terakhir, Kolombia tetap merupakan produsen kokaina terkemuka di dunia.

Para pemberontak sayap kiri, geng kriminal, dan mantan organisasi paramiliter sayap kanan terlibat dalam produksi serta transportasi narkotika ke Amerika Utara dan Eropa.

Sumber: Reuters

Baca juga: Operasi multinasional pimpinan Kolombia sita 94,2 ton kokain

Baca juga: Pemerintah selidiki Guaido terkait fotonya dengan anggota geng narkoba

Baca juga: Penyelundup narkoba Kolombia incar bagasi pelancong



 

Militer Kolombia Serang Markas ELN

Penerjemah: Suwanti
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020