Jakarta (ANTARA) - Salad kentang bisa menjadi pilihan hidangan Anda saat ini. Kentang lembut, ditambah saus berbasis mayo dan beberapa sayuran renyah bisa disajikan bersamaan dengan hidangan daging panggang favorit Anda.

Berikut tips agar hidangan salad kentang Anda terasa sempurna, seperti dilansir Real Simple:

1. Pilih jenis kentang yang tepat

Ini tergantung pada preferensi pribadi Anda. Jika Anda suka salad Anda dengan tekstur yang kontras — pikirkan kentang yang keras dan saus krim, karena teksturnya akan lebih baik setelah direbus.

2. Bumbui air rebusan

Air rebusan kentang yang sangat asin akan membantu memasukkan bumbu dari dalam ke luar. Lewati langkah ini dan kentang Anda akan menjadi hambar, karena hanya akan diasinkan di bagian luarnya.

Baca juga: Resep menu berbahan buah segar, sorbet lengkeng hingga salad mangga

Baca juga: Rasakan sensasi salad wrap berwarna


3. Jangan terlalu matang; jangan kurang matang

Untuk menghindari kentang yang kurang matang, pastikan Anda mulai merebusnya dalam air dingin. Mengapa? Karena memasukkan kentang mentah dalam air mendidih memungkinkan bagian luarnya menjadi lembek sebelum bagian dalamnya matang.

Di sisi lain, untuk memastikan kentang Anda tidak terlalu matang, keluarkan kentang Anda dari air mendidih saat sudah empuk ketika Anda menusuknya dengan garpu.

4. Potong secara merata

Ini kunci untuk mempertahankan tekstur yang konsisten. Jika ukuran kentang Anda bervariasi, beberapa akan terlalu matang sementara yang lain akan mentah.

5. Sajikan pada waktu yang tepat

Jika Anda akan membuat saus berbasis mayones, biarkan kentang dingin sepenuhnya sebelum Anda mencampur bahan-bahan lain untuk menghindari mayones meleleh (ini akan menghasilkan hidangan yang terlalu berminyak).

Namun, jika Anda menggunakan saus berbasis cuka, Anda harus mencampur potongan kentang dengan saus saat kentang masih hangat agar bumbu bisa meresap.

Baca juga: Topping salad yang cocok untuk menurunkan berat badan

Baca juga: Dua porsi salad untuk otak lebih muda 11 tahun

Baca juga: Semangkuk salad sehat dengan cita rasa dunia

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020