Tahlilan digelar PKS Aceh untuk KH Hilmi Aminuddin

Tahlilan digelar PKS Aceh  untuk KH Hilmi Aminuddin

DPW PKS Aceh menggelar "samadiah" dan tahlilan bersama santri untuk mantan Ketua Majelis Syuro PKS almarhum KH Hilmi Aminuddin di Banda Aceh, Sabtu (4/7/2020) malam . (FOTO ANTARA/Khalis)

Banda Aceh (ANTARA) - Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Aceh menggelar tahlilan bersama untuk KH Hilmi Aminuddin, salah satu tokoh pendiri partai tersebut yang meninggal dunia awal pekan lalu.

Tahlilan untuk mantan Ketua Majelis Syuro PKS tersebut digelar bersama puluhan santri di Dayah (Pesantren) Markaz Ishlah Al-Aziziyah, Lueng Bata, Kota Banda Aceh.

Ketua DPW PKS Aceh Ghufran Zainal Abidin, Sabtu malam mengatakan "samadiah" (tradisi mendoaakan arwah di Aceh) dan tahilan bersama itu juga telah dilakukan lebih dulu di Kantor DPP PKS di Jakarta, pada Kamis atau hari ketiga KH Hilmi meninggal dunia.

"Dan di Aceh malam ini kita juga bersama-sama melakukan 'samadiah' dan tahlil untuk guru kita KH Hilmi Aminuddin di Banda Aceh," kata Ghufran.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan tahlilan di tengah pandemi COVID-19 tersebut masing-masing mereka juga telah menyiapkan masker. Dalam kesempatan itu para jamaah juga mendoakan agar Indonesia dijauhkan dari segala musibah.

"Majelis kita malam ini berkah, tenang jiwa. Insya Allah dengan keikhlasan kita semua, kita berzikir dan berdoa agar terhindar dari segala musibah dan Allah percepat hilangkan maraba haya di negeri kita ini dan dunia ini," katanya.

Selain "samadiah" dan tahlilan bersama, dalam kesempatan itu juga diisi dengan tausiyah dari salah satu ulama Aceh Tgk H M Yusuf Abdul Wahab atau akrab disapa Tu Sop.

Ghufran berterima kasih kepada semua yang hadir dalam tahlilan, yang juga turut dihadiri anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKS M Nasir Djamil, Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar, anggota DPR Aceh, serta sejumlah pengurus dan kader PKS Aceh.

KH Hilmi Aminuddin diduga meninggal karena memiliki riwayat penyakit jantung yang dideritanya sejak lama. Bahkan Hilmi sudah dirawat di rumah sakit sejak Jumat pekan lalu.

Saat meninggal dunia, Hilmi juga terkonfirmasi positif terpapar virus corona, sehingga proses pemakaman juga berlangsung dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan COVID-19.

Baca juga: Pendiri PKS Hilmi Aminuddin meninggal dunia

Baca juga: Ghufran Zainal Abidin kembali pimpin PKS Aceh

Baca juga: PKS raih lima kursi DPRK Aceh Besar

Baca juga: PKS ingatkan kader di DPRK Banda Aceh tidak boleh santai
Pewarta : Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020