JPO Gelora Bung Karno dirusak aksi vandalisme

JPO Gelora Bung Karno dirusak aksi vandalisme

Coretan hasil aksi vandalisme di JPO Gelora Bung Karno yang ditemukan oleh akun @bayumochii, Selasa (7/7/2020). (ANTARA/HO/instagram @bayumochii)

Jakarta (ANTARA) - Fasilitas umum Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Gelora Bung Karno (GBK) ditemukan tercoret-coret oleh tulisan hasil  vandalisme dan mengalami kerusakan akibat perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, Selasa malam.

"Bagimu Strategi, Bagiku Gimmick," isi dari coretan di bagian pintu lift dan nampaknya berasal dari cat semprot hitam yang digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan terunggah di instagram @jktinformasi pada pukul 19.00 WIB.
Baca juga: Masyarakat diharapkan tidak coret-coret mural di Terowongan Kendal
 
Kerusakan di bagian pegangan bagi pejalan kaki di JPO Gelora Bung Karno akibat aksi vandalisme yang ditemukan oleh akun @bayumochii, Selasa (7/7/2020). (ANTARA/HO/instagram @bayumochii)


Selain ditemukan coretan, kayu pegangan untuk pejalan kaki di bagi jembatan pun nampak hilang seperti dicopot secara paksa oleh pelaku perusakan fasilitas umum itu.

Akun @jktinformasi pun nampaknya mendapatkan informasi perusakan JPO GBK itu dari akun instagram @bayumochii yang menandai akun informasi publik itu di unggahan pribadinya.

Baca juga: Polisi ringkus pelaku perusakan sebuah hotel di Jakarta Barat

"Please check CCTV! Who done this? #pastialay," kata Bayu yang turut menandai akun instagram resmi Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta dan Gubernur DKI Jakarta @aniesbaswedan.

Sementara itu, Kapolsek Metro Tanah Abang AKBP Raden Muhammad Jauhari mengatakan pihaknya belum menerima laporan terkait aksi vandalisme di JPO GBK itu.

"Belum ada, saya lagi cek ke anggota," kata Jauhari saat dikonfirmasi melalui aplikasi pesan singkat.

Lebih lanjut, ia berjanji akan menyelidiki kasus vandalisme yang menyebabkan kerusakan pada JPO GBK yang termasuk dalam salah satu JPO yang dinilai 'instagramable' oleh warga Ibu Kota.

"Saya selidiki dulu di lapangan seperti apa kebenarannya. Jika benar terjadi perusakan tentu kita proses sesuai hukum yang berlaku," tegas Jauhari.

Baca juga: Pengelola tol Jakarta-Cikampek rugi akibat perusakan pagar pembatas

Seperti diketahui JPO GBK merupakan salah satu JPO yang rampung pada awal 2019 dan memiliki konsep 'instagramable', selain itu JPO itu termasuk dalam fasilitas publik yang dilengkapi dengan fasilitas CCTV.

JPO itu sempat mengalami kerusakan pada bagian lantainya pada akhir 2019 kala penggunaan skuter listrik sewaan menjamur di kawasan Sudirman.

Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020