Kalau aku sekarang masih belum berani ke tempat umum, jujur. Apalagi bioskop
Jakarta (ANTARA) - Tasya Kamila masih berpikir panjang untuk menikmati film langsung di bioskop, tempat hiburan yang bakal dibuka kembali untuk penonton mulai  29 Juli 2020, setelah selama ini ditutup untuk menekan penyebaran virus corona.

"Kalau aku sekarang masih belum berani ke tempat umum, jujur. Apalagi bioskop," kata Tasya kepada ANTARA.

Ibu dari satu anak ini masih membatasi diri untuk bepergian ke luar rumah untuk urusan yang tidak mendesak meski pembatasan telah melonggar.

Baca juga: Bioskop akan dibuka, ini daftar film Indonesia yang bisa dinantikan

Baca juga: Operasional bioskop jadi bahan evaluasi selama PSBB transisi

 

Kewaspadaan ini dilakukan oleh Tasya untuk menjaga kesehatan, apalagi dia baru dikaruniai anak.

"Mengingat kasus COVID masih meningkat dan aku punya bayi, jadi mending ambil aman saja."

Untuk urusan pekerjaan yang melibatkan pengambilan gambar, Tasya juga membatasi dan mencari pilihan teraman dan ternyaman.

"Syuting masih aku batasi, hampir belum ambil pekerjaan di luar rumah sama sekali," tutup dia.

Jaringan bioskop di seluruh Indonesia akan kembali beroperasi mulai 29 Juli 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Para pengunjung akan diminta mengenakan masker, memakai hand sanitizer dan menjaga jarak dengan orang lain untuk menekan risiko infeksi penyebaran virus corona.

Segala pembayaran secara nontunai dianjurkan untuk membeli tiket hingga makanan.

Tempat duduk di bioskop juga akan ditandai, sama seperti restoran, agar tercipta jarak antar pengunjung demi meminimalisasi kontak fisik. Kapasitas pengunjung juga dikurangi dari biasanya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memastikan bioskop menerapkan dengan baik protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Wishnutama Kusubandio, Sabtu (11/7), mengatakan pihaknya merilis panduan pelaksanaan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) untuk sektor hotel, restoran, dan bioskop bersamaan dengan peluncuran kampanye nasional "Indonesia Care".

Dia meninjau kesiapan penerapan protokol normal baru ke salah satu eksibitor, Cinema XXI, di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (10/7).

Menparekraf melihat langsung standard baru yang telah dipersiapkan pengelola bioskop. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk, proses antre tiket, pembelian makanan yang bisa dilakukan dengan memesan dengan aplikasi, studio sebagai lokasi eksibisi film, serta papan informasi.

Baca juga: Panduan baru dari Cinema XXI jelang dibukanya kembali bioskop

Baca juga: Menparekraf pastikan bioskop terapkan protokol kesehatan

Baca juga: Bioskop CGV beroperasi lagi 29 Juli, ini aturan protokol kesehatannya

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020