Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (13/7) kemarin, mulai dari pendaftaran program Kartu Prakerja untuk gelombang IV yang akan mulai dibuka akhir Juli 2020 dan Doni Primanto Joewono yang dipilih DPR RI sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI).

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Program Kartu Prakerja gelombang IV dibuka akhir Juli 2020

Pemerintah akan membuka pendaftaran program Kartu Prakerja untuk gelombang IV mulai minggu ketiga atau keempat Juli 2020.

"Mudah-mudahan kuotanya 500 ribu peserta," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono dalam jumpa pers terkait Kartu Prakerja di kantornya di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


2. Doni Primanto Joewono terpilih sebagai Deputi Gubernur BI

Komisi XI DPR RI secara aklamasi memutuskan untuk memilih Doni Primanto Joewono sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) menggantikan Erwin Rijanto yang sudah mengakhiri masa jabatannya.

"Dipilih secara aklamasi, musyawarah, dan mufakat," kata Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


3. Presiden Jokowi optimis defisit anggaran dapat menyusut pada 2023

Presiden Joko Widodo optimis defisit anggaran karena pandemi COVID-19 dapat menyusut pada 2023.

"Jadi nanti akan ada penyesuaian sekarang defisitnya 6,38 (persen) tahun depan akan menjadi 5 koma, tahun depannya lagi 4 koma, ke tahun itu (2023) akan di bawah 3 lagi, defisit kita itu kecil banget dengan situasi yang dinamis," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


4. Erick Thohir beri apresiasi dua petugas KRL penemu uang Rp500 juta

Menteri BUMN Erick Thohir mengharapkan sikap jujur petugas KRL dapat menginspirasikan pegawai BUMN level atas atau manajerial.

"Sebuah akhlak yang dicontohkan teman-teman yang bertugas di barisan paling depan dan berhubungan dengan konsumen itu harus menginspirasikan kita semua yang bekerja sebagai pengambil kebijakan di level atas atau manajerial," ujar Erick Thohir dalam acara "Apresiasi Petugas KRL" di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


5. Kemenkeu berencana perpanjang gratis pajak penghasilan bagi UMKM

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana memperpanjang pemberian insentif berupa pembebasan pajak penghasilan (PPh) untuk UMKM yang semula sampai September menjadi hingga Desember 2020.

“WP UMKM gratis bayar pajak penghasilan sampai dengan September dan mungkin akan kita perpanjang sampai Desember,” kata Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu Suryo Utomo dalam diskusi daring di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020