Sehingga bisa memberikan pelayanan publik lebih maksimal bagi masyarakat, apabila suatu ketika wilayah Morotai dalam fase gawat darurat
Ternate (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan melalui Basarnas Ternate Provinsi Maluku Utara akan membentuk Unit Siaga SAR di Kabupaten Pulau Morotai sebagai salah satu daerah terluar yang berbatasan dengan negara tetangga.

"Rencana pembentukan Unit Pos Siaga SAR di Morotai guna memberikan layanan publik jasa SAR di wilayah Kabupaten Pulau Morotai dapat berjalan baik, terutama dalam mengantisipasi terjadinya musibah," kata Kepala Basarnas Ternate M Arafah dihubungi dari Ternate, Selasa.

Baca juga: Tim Basarnas selamatkan pendaki Gunung Gamalama

Rencana pembentukan Unit SAR Pulau Morotai itu langsung dilakukan M Arafah didampingi Kepala Urusan Umum sekaligus PPK, melakukan kunjungan sekaligus silaturahmi dengan jajaran Pemkab Morotai.

Menurut dia, rencana tahap awal ini akan tempatkan sekitar delapan orang personil di Unit Siaga SAR Morotai dilengkapi dengan alat pendukung peralatan SAR laut, peralatan SAR darat serta peralatan lainnya.

Baca juga: Tim SAR selamatkan kru tugboat hanyut di Taliabu

"Sehingga bisa memberikan pelayanan publik lebih maksimal bagi masyarakat, apabila suatu ketika wilayah Morotai dalam fase gawat darurat," ujar Arafah.

Sementara Bupati Pulau Morotai saat menerima kunjungan Kepala Basarnas Ternate mengatakan Pemkab Morotai siap membantu atau mensuport hal-hal apa saja yang menjadi kebutuhan SAR.

Baca juga: KM lestari dihantam angin kencang di perairan Pulau Makian

Bahkan Bupati langsung meminta salah satu pejabatnya untuk menyediakan gedung sementara buat personil Basarnas yang akan bertugas di Kabupaten Pulau Morotai.

Bupati menambahkan dengan adanya Basarnas di Pulau Morotai tentunya dapat merespon secara cepat kejadian baik itu kondisi membahayakan jiwa manusia, bencana alam maupun musibah lainnya.

"Apalagi sekarang kita sedang menghadapi musibah COVID-19, kiranya personel Basarnas juga dapat membantu penanganan virus corona di Kabupaten Pulau Morotai ini," kata Bupati.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020