Pemkab Sidoarjo optimistis "Sidoarjo Siap 24 Jam" tekan COVID-19

Pemkab Sidoarjo optimistis

Peluncuran program Sidoarjo siap 24 jam (Indra)

Sidoarjo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, optimistis program "Sidoarjo Siap 24 jam" mampu menekan tingginya penyebaran virus corona baru atau COVID-19 di daerah itu.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Rabu, mengatakan program itu juga diharapkan bisa membangkitkan kesadaran dan mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Baca juga: Marinir TNI-AL sosialisasikan pentingnya penggunaan APD cegah COVID-19

"Program Kodim 0816 Sidoarjo tersebut dititik beratkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Nur Ahmad di sela peluncuran program "Sidoarjo Siap 24 Jam" di Kantor Kodim 0816 Sidoarjo.

Pihaknya menyambut baik terlaksananya program seperti ini karena bertujuan menciptakan kondisi yang kondusif, aman dan nyaman di Kabupaten Sidoarjo serta sebagai langkah antisipasi munculnya kerawanan-kerawanan disintegrasi bangsa.

Baca juga: Puluhan pengendara di Sidoarjo Jatim dihukum kerja sosial

"Secara spesifik kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk meningkatkan kewaspadaan yang tinggi pada komponen masyarakat untuk mampu dan menghadang gerakan oknum atau kelompok-kelompok yang bertujuan untuk memecah belah bangsa dan menjatuhkan pemerintahan yang sah," ucapnya.

Di samping itu, kata dia, program ini beriringan dengan fase kehidupan transisi tatanan normal baru sehingga akan mampu membangkitkan kesadaran dan mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Baca juga: Sejumlah ruas jalan di Sidoarjo tutup saat pelaksanaan jam malam

"Sampai hari ini penyebaran COVID-19 di Kabupaten Sidoarjo masih cukup signifikan. Pemkab Sidoarjo telah bekerja sama dengan semua komponen masyarakat dalam mengatasi pandemi COVID-19 yang terjadi," katanya.

Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Muhammad Iswan Nusi mengatakan program "Sidoarjo Siap 24 Jam" untuk menyatukan tiga pilar yang ada di Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo yakni Pemkab Sidoarjo, Kodim 0816 Sidoarjo serta Polresta Sidoarjo.

Baca juga: Sidoarjo kembali berlakukan jam malam saat masa transisi

"Melalui kegiatan ini diharapkan terjaminnya keamanan ketertiban masyarakat yang ada di Sidoarjo," katanya.

Ia mengatakan kegiatan patroli gabungan menjadi bagian dari kegiatan Sidoarjo Siap 24 Jam dan pengamanan di tempat-tempat keramaian akan dilakukan bersama.

"Selain itu terdapat kegiatan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Gugus tugas COVID-19 Sidoarjo usulkan tambahan rumah sakit rujukan

 
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020