sel-sel usus pada anak masih renggang,
Jakarta (ANTARA) - Peran orang tua penting untuk memastikan perkembangan imunitas anak optimal dengan memastikan kesehatan sistem pencernaan karena sistem imunitas dibentuk sejak awal kehidupan dan berkembang seiring bertambahnya usia, kata spesialis anak DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K).

"Penyebab anak rentan terkena gangguan penyakit infeksi seperti ISPA dan diare salah satunya karena sel-sel usus pada anak masih renggang, mengakibatkan apabila ada kuman atau alergen akan mudah masuk melalui sel-sel tersebut. Selain itu, mikrobioma pada saluran cerna tidak berkembang dengan baik," kata dokter yang berpraktik di RS Grha Kedoya itu dalam diskusi virtual yang diadakan Nutriclub, dipantau di Jakarta pada Senin.

Dia menegaskan bahwa bakteri pada mikrobioma memiliki peran terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri patogen. Dalam tubuh manusia sendiri terdapat sekitar 10-100 triliun mikrobioma dengan jumlah paling banyak terdapat di usus.

Hal itu penting karena di Indonesia anak balita merupakan golongan paling rawan terhadap infeksi. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan infeksi paling umum yang dialami anak-anak adalah ISPA dan diare. Prevalensi anak usia1-4 tahun yang mengalami ISPA adalah 13,7 persen dan diare 12,8 persen.

Baca juga: Menkes ingatkan Forum Anak tentang imunitas dan protokol kesehatan

Baca juga: Kiat menjaga imunitas tubuh anak


Senada dengan dokter Ariani, Head of Departement of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel, Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD mengatakan bahwa keseimbangan mikrobioma di dalam usus yang sehat berperan sangat penting untuk mengembangkan sistem imunitas anak sejak dini.

"Mikrobioma merupakan seluruh ekosistem mikroba yang ada di dalam sebuah organ. Mikrobiota usus, bakteri baik bifidobacteria, berperan penting untuk mendukung sistem imun dengan memproduksi antibodi, mengontrol peradangan, mengencangkan sambungan usus dan mendorong toleransi terhadap makanan," kata Yvan dalam diskusi bertema Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal itu

Untuk itu, tegas dia, keseimbangan komposisi bakteri baik bifidobacteria harus dipelihara agar dapat terus memberikan manfaat dengan pemberian prebiotik.

Nutrisi mengambil peran besar dalam menentukan keseimbangan mikrobioma dalam usus, mampu merangsang perkembangan bakteri baik bifidobacteria.

Baca juga: Dokter: Saluran pencernaan pengaruhi imunitas tubuh

Baca juga: Bagaimana cara membangun imunitas pada anak?

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020