Dompet Dhuafa - Tokopedia gelar covid test mobile di 17 propvinsi

Dompet Dhuafa - Tokopedia gelar covid test mobile di 17 propvinsi

Petugas melakukan tes rapid test melalui program Covid Test Mobile yang digelar Dompet Dhuafa dan Tokopedia (Antara/Dompet Dhuafa)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga filantropi Dompet Dhuafa (DD) menggandeng Tokopedia melalui ekosistem Tokopedia Salam menggelar COVID-19 Test Mobile di 17 provinsi terpilih dengan zona merah dari Aceh hingga Papua.

Mengawali kegiatan Tes Covid Mobile dilaksanakan di Surabaya dan wilayah Jawa Timur lainnya yang dioperatori tim Dompet Dhuafa Jawa Timur bersama pemerintahan daerah setempat pada Rabu.

Baca juga: PMI edukasi pencegahan COVID-19 kepada warga binaan Lapas Nyomplong

"Dompet Dhuafa bersama mitra-relawan, donatur dan cabang kantor di seluruh Indonesia, terdorong untuk membantu masyarakat terdampak langsung maupun tidak langsung akibat wabah tersebut," kata Direktur Dakwah, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Dompet Dhuafa Ahmad Shonhaji melaluin keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dalam fase awal penanggulangan pandemi, tambahnya, pihaknya membuka Crisis Center Cegah dan Tangkal (Cekal) Corona. Kemudian memproduksi Disinfection Chamber (bilik sterilisasi) yang didistribusikan ke 1.000 titik fasilitas umum yang sering diakses masyarakat.

Baca juga: Tim Gabungan GTPP Bali edukasi protokol kesehatan di pasar desa adat

Tim Gerai Sehat atau Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa juga membagi-bagikan secara gratis APD dan hygiene kit, logistik pangan juga menjadi fokus pelayanan Dompet Dhuafa.

Selain itu, tambahnya, turut menyediakan mobil ambulans maupun layanan barzah Dompet Dhuafa untuk mengantarkan pasien terduga corona menuju rumah sakit rujukan pemerintah dan juga penanganan korban meninggal di seluruh Indonesia.

Selain Test Covid Mobile juga dilakukan edukasi terkait COVID, upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan kepada kelompok masyarakat sasaran. Sehingga masyarakat dapat memahami, menyadari dan melaksanakan upaya pencegahan individu, keluarga maupun komunitas yang ada di wilayah tersebut.

Sementara itu Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda, mengapresiasi masyarakat Indonesia yang membantu warga terdampak pandemi mendapatkan akses terhadap layanan tes kesehatan yakni Covid-19 Test Mobile (CTM)".

"Pemanfaatan teknologi adalah salah satu kunci menghadapi pandemi. Kami berharap donasi yang terkumpul dari masyarakat dapat membantu mereka yang terdampak, sekaligus mendorong lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan sesama," katanya.

Baca juga: BSSN bangun edukasi budaya keamanan informasi pada masa pandemi COVID
Baca juga: Relawan COVID-19 lakukan edukasi protokol kesehatan di 10 pasar
Pewarta : Subagyo
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020