Hari Bakti TNI-AU saat pandemi, Lanud Sam Ratulangi gelar donor darah

Hari Bakti TNI-AU saat pandemi, Lanud Sam Ratulangi gelar donor darah

Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri), Kamis (23/7/2020) di Manado, menggelar donor darah dalam memperingati Hari Bakti ke-73 TNI Angkatan Udara. (FOTO ANTARA/HO-Pentak Lanudsri).

Manado (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) menggelar donor darah dalam memperingati Hari Bakti ke-73 TNI Angkatan Udara pada tahun 2020, di Manado, Sulawesi Utara, Kamis, bersamaan dengan masa pandemi COVID-19.

Komandan Lanudsri Kolonel (Pnb) Abram Tumanduk mengatakan bakti sosial ini untuk mengantisipasi kekurangan darah bagi masyarakat Sulawesi Utara di saat pandemi COVID-19.

"Tergerak hati kami untuk membantu mencukupi kebutuhan akan darah di Sulut," katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini untuk menjalin integrasi yang baik di antara rekan sejawat seperti Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal), Brimob, Angkasa Pura, Air Navigasi dan pemangku kepentingan yang lainnya, sehingga bersinergi dalam kegiatan yang terus berlanjut.

"Harapan kita bersama bahwa dari kegiatan bakti sosial, donor darah ini dapat meningkatkan empati dan tenggang-rasa kita bersama akan kebutuhan suplai darah untuk menyelamatkan nyawa orang lain," kata Abram Tumanduk .

Sementara itu menurut dr Sonny Pasuhuk dari Unit Transfusi Darah PMI Provinsi Sulut selama ini TNI dan Polri menjadi mitra setia bagi PMI dalam rangka menjaga stok darah.

“Bersyukur kegiatan kemanusiaan ini dapat terselenggara walau dalam keadaan situasi tidak ideal karena pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Namun sekali lagi, dengan memerhatikan protokoler kesehatan, kita akan tetap lebih waspada," katanya.

Ia menambahkan semua pihak harus memiliki kesadaran untuk bagaimana menjaga diri, dimulai dari cara pengisian formulir pendonor dengan jujur oleh calon pendonor.

"Kegiatan ini sangat positif," katanya.

Kegiatan donor darah itu diikuti antara lain anggota prajurit Lanudsri, GM Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Minggus E. T. Gandeguai, anggota Brimob Polda Sulut, Lanudal serta Airnav.

Baca juga: Lanud Sam Ratulangi lakukan penyemprotan disinfektan cegah COVID-19

Baca juga: Hercules dari Lanudsri bawa bantuan untuk korban gempa


Baca juga: TNI kerahkan Hercules angkut bantuan ke Manado
Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020