Jakarta (ANTARA) - Start Tour de France (TdF) 2021 dimajukan sepekan untuk menghindari bentrok dengan balap sepeda road race putra Olimpiade Tokyo yang dijadwal ulang, kata Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI).

TdF 2021 itu akan dimulai 26 Juni dan berakhir 18 Juli, enam hari sebelum dimulainya road race Gunung Fuji. Semula balapan ini dijadwalkan akan dimulai di Kopenhagen, Denmark, 2 Juli.

Olimpiade Tokyo dijadwalkan digelar 24 Juli hingga 9 Agustus tahun ini tapi ditunda setahun karena pandemi COVID-19.

Baca juga: Kopenhagen tetap selenggarakan Euro 2020 walau bentrok Tour de France
Baca juga: Peter Sagan akan ikut serta dalam Tour de France dan Giro d'Italia
Baca juga: Tour de France mungkin batasi jumlah penonton pada tiga hari pertama


"Karena Olimpiade Tokyo dilaksanakan mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021, tanggal beberapa event telah disesuaikan," kata UCI dalam pernyataan yang mengungkap kalender untuk musim ini sebagaimana dikutip Reuters, Rabu.

"Perlu dicatat bahwa untuk menghindari bentrok balap sepeda rode race Olimpiade (24, 25 dan 28 Juli) dengan Tour de France (awalnya diperkirakan 2-25 Juli), balapan akan berakhir di Prancis pada 18 Juli, akhir pekan sebelum pekan pertama Olimpiade."

UCI juga mengatakan Tour of California dan RideLondon-Surrey Classic tidak akan menjadi bagian dari kalender barunya, yang terdiri atas 35 event.

Baca juga: Chris Froome mundur dari tim Ineos akhir tahun ini
Baca juga: Bernal akan atur ulang program latihan demi pertahankan gelar TdF
Baca juga: Pebalap sepeda Jarlinson Pantano diskors empat tahun karena doping

 

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020