Palu (ANTARA) - Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Tengah membagikan daging 234 hewan kurban kepada warga prasejahtera di kabupaten/kota se-Sulteng, pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

"ACT melalui Global Qurban tanpa henti menyalurkan bantuan kepada warga yang membutuhkan, terutama bagi warga prasejahtera," ucap Koordinator Program ACT Sulteng Mustafa di Palu, Jumat.

ACT tahun ini menyembelih hewan kurban terdiri dari 14 sapi dan 220 kambing, yang selanjutnya diperuntukkan bagi warga yang berhak membutuhkan.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ACT tidak berkurban sendiri. Untuk kurban sapi, ACT Sulteng bekerja sama dengan lembaga asal Turki, Insani Yardim Vakfi (IHH). Sementara untuk hewan kurban kambing bekerja sama dengan Baitul Maal Hidayatullah (BMH)," kata Mustafa.

Mustafa menerangkan hewan kurban berupa 14 sapi yang diadakan atas kerja sama IHH, disebar di beberapa kabupaten, di antaranya Kabupaten Banggai Laut, Sigi, dan Parigi Moutong.

"Di Banggai Laut, kami menyembelih dua sapi, di Parigi Moutong satu ekor sapi, dan Sigi satu sapi. Sementara di Kota Palu sendiri kami menyembelih sebanyak 10 sapi yang terfokus di Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu," ujarnya di sela-sela distribusi hewan kurban.

Menurut Mustafa untuk hewan kurban sapi, penyalurannya akan diselesaikan hari ini. Begitu pula di kebupaten lain, karena jumlah daging kurban sapi hanya sedikit.

"Alhamdulillah implementasi berjalan dan tinggal beberapa sapi lagi dipotong," ucap dia.

ACT Sulteng akan menyalurkan daging hewan kurban kepada 200 kepala keluarga di Kelurahan Duyu. Pasalnya, Kelurahan Duyu merupakan salah satu wilayah yang juga terdampak bencana pada 2018. Ditambah lagi banyak warga yang kian terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Itulah kenapa kami harus fokus distribusi di sini. Kita bisa lihat, banyak pekerja, khususnya di Kelurahan Duyu, yang di PHK, mereka tidak bekerja sampai sekarang. Yah, ini bagian dari ikhtiar kami juga untuk membantu sesama umat," sebutnya.

Selanjutnya, untuk hewan kurban kambing, sebut Mustafa, sebanyak 220 kambing akan disembelih pada Sabtu (1/8).

"Insya Allah kambing disembelih Sabtu besok, mungkin tidak bisa dihabiskan besok, yang pasti target kami selesai distribusi itu H+3 Hari Raya Idul Adha," katanya.

Salah satu warga Kelurahan Duyu Masriani mengaku bersyukur mendapat daging hewan kurban dari ACT dan lembaga donatur, IHH Turki.

Ia berharap ACT Sulteng tetap dengan ikhtiarnya untuk membantu warga. "Terima kasih ACT, terima kasih IHH, semoga Allah membalas kebaikan kalian," kata Masriani.
Global Qurban ACT Sulteng menyembelih hewan qurban sapi dan didistribusikan kepada penyintas bencana gempa Kota Palu, di Kelurahan Duyu. (ANTARA/HO-Humas ACT Sulteng)
Global Qurban ACT Sulteng menyembelih hewan qurban sapi dan didistribusikan kepada penyintas bencana gempa Kota Palu, di Kelurahan Duyu. (ANTARA/HO-Humas ACT Sulteng)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020