Bandung (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengatakan pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR RI pada 14 Agustus 2020 harus menyampaikan harapan bagi masyarakat Indonesia yang saat ini sedang menghadapi pandemi COVID-19.

"Saya berharap pada tanggal 14 Agustus nanti, Presiden Jokowi jangan hanya bicara biasa saja namun menyampaikan sesuatu yang membawa harapan. Itu harus disampaikan Presiden," kata Fadel dalam diskusi "Media Expert Meeting" dengan tema "Sidang Tahunan MPR: Konvensi Ketatanegaraan dalam Rangka Laporan Kinerja Lembaga Negara" di Bandung, Jumat.

Dia mengatakan kalau Presiden hanya bicara hal-hal yang biasa saja, dikhawatirkan kondisi ke depan akan semakin tidak baik, karena selama pandemi COVID-19, pemerintah belum maksimal melakukan perbaikan yang substansial terkait efek yang ditimbulkan oleh pandemi.

Baca juga: MPR: Sidang Tahunan 2020, lembaga negara serahkan laporan kinerja

"Saat ini pandemi sudah berlangsung lama, tingkat kesabaran masyarakat sudah memuncak sehingga kalau Presiden tidak menyampaikan sesuatu yang membawa harapan maka kondisi akan repot," ujarnya.

Fadel mengatakan saat ini beberapa daerah sudah mengeluhkan dampak yang semakin besar dari pandemi seperti pendapatan menurun dan pajak daerah tidak ada sehingga menyebabkan pemerintah daerah kesulitan membiayai pembangunan di daerah.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi di beberapa daerah sudah minus, kondisi itu jangan anggap enteng karena dikhawatirkan akan ada efek negatif yang ditimbulkan oleh pandemi.

Baca juga: MPR publikasikan laporan tahunan lembaga negara secara daring

"Kita sudah mendengar bahwa Presiden mengeluh, kami sudah menyampaikan belanja negara kurang yaitu baru 30 persen. Jangan sampai salah kelola pemerintahan," katanya.

Dia mengaku tidak percaya terhadap ulasan manis beberapa pihak bahwa ekonomi Indonesia akan melakukan pemulihan, karena yang dibutuhkan saat ini adalah pemerintah harus ambil langkah berani.

Fadel mencontohkan kalau perlu pemerintah membatasi bayar utang, restrukturisasi utang untuk membiayai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca juga: Bambang Soesatyo: Sidang Tahunan MPR akan dilaksanakan sederhana

"Amerika Latin sudah melakukan itu namun kita masih di-ninabobo-kan, kita dibilang cepat 'recovery' padahal di pasar-pasar daya beli tidak ada. Diharapkan dalam Sidang Tahunan MPR ada penyampaian harapan," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020