Jakarta (ANTARA) - Melanjutkan dialognya dengan seniman feminis, Direktur Artistik untuk koleksi wanita Dior Maria Grazia Chiuri, meluncurkan kampanye iklan musim gugur yang terinspirasi oleh Marcella Campagnano, seorang seniman feminis asal Italia.

Dipotret oleh Paola Mattioli, iklan tersebut menampilkan mozaik potret model, yang mewakili berbagai peran dan identitas feminin.

Foto-foto ini merujuk pada seri fotografi Campagnano dari Seventies yang bertajuk “The Invention of Femininity", di mana Campagnano menyamar sebagai arketipe wanita termasuk seorang ibu, pelajar, pelacur, pengantin wanita dan wanita hamil.

Para model berpose dengan menciptakan kembali nuansa dari seri fotografi itu. Hanya saja para model ditampilkan dengan mengenakan koleksi busana musim gugur Dior terbaru.

Baca juga: Mengulik "batik" di koleksi Dior dan Louis Vuitton

Baca juga: Dior rilis koleksi Cruise 2021


Dalam set foto tersebut tampak tulisan dari tanda neon yang berbunyi "Consent", "Patriarchy = Repression" serta "We Are All Clitoridian Women" — yang merupakan karya-karya kolektif seniman feminis Claire Fontaine.

Kampanye ini menampilkan Selena Forrest, Maryel Uchida, Marty Fall, Estelle Chen dan Felice Noordhoff. Beberapa model berpose dengan mengenakan kaus bertuliskan nama tema kampanye ini, "I Say I", sebuah ungkapan yang diangkat dari manifesto feminis Italia Carla Lonzi, yang merupakan salah satu tokoh yang menginspirasi koleksi tersebut.

Kampanye Dior yang dianggap sebagai bentuk seni untuk kaum feminis ini disutradarai oleh Fabien Baron, dengan penata gaya Elin Svahn, dengan penata rambut Paul Hanlon dan riasan oleh Peter Philips, demikian dilaporkan WWD, dikutip Minggu.

Baca juga: Dior buat versi miniatur koleksi adibusana Autumn/Winter2020

Baca juga: Dior akan gelar fashion show tanpa penonton barisan depan

Baca juga: Sepatu kolaborasi Dior dengan Air Jordan diluncurkan

 

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020