Zoho Workplace digunakan 15 juta pelanggan di masa pandemi

Zoho Workplace digunakan 15 juta pelanggan di masa pandemi

Ilustrasi Zoho Cliq di Zoho Workplace. (ANTARA/Zoho)

Jakarta (ANTARA) - Zoho Workplace, platform terpadu yang mengintegrasikan surat elektronik, email, aplikasi perkantoran, rapat virtual serta panggilan audio, mengatakan bahwa layanannya telah digunakan hingga 15 juta pelanggan di seluruh dunia kala pandemi.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima ANTARA, Senin, Zoho Workplace pada kuartal terakhir mengalami peningkatan adopsi karena terdampak pandemi serta permintaan tinggi dari pemilik usaha yang mencari aplikasi bisnis terpadu.

“Aplikasi kolaborasi yang beredar di luaran seringkali sulit digunakan untuk kolaborasi. Saat ini, kita bisa menggunakan satu vendor untuk chat, vendor lain untuk email, vendor yang berbeda lagi untuk rapat, serta untuk mengatur dokumen dan aplikasi kantor. Penggunaan banyak aplikasi dari vendor yang berbeda mengganggu produktivitas karyawan,” ujar Gibu Mathew, Vice President, dan GM, Asia Pacific Zoho Corp.

Zoho Workplace menyediakan platform terpadu termasuk surat elektronik, chat, konferensi audio dan video, penyimpanan fail bersama, dan aplikasi kantor online yang mendukung produktivitas karyawan di mana saja.

Hal ini sama seperti tempat kerja daring dimana pengguna dapat bekerja sama secara intuitif dan aman, bertemu, berkolaborasi serta mencapai target yang sudah ditetapkan.

Sejumlah fitur pun dapat digunakan oleh pengguna untuk meningkatkan kinerja. Fitur-fitur itu antara lain Zoho Mail, Zoho Cliq, Zoho Meeting, Zoho ShowTime, dan Zoho Connect.

Zoho Cliq yang merupakan fitur pesan instan terlindungi dengan panggilan audio dan video mengalami peningkatan 225 persen untuk pesan terkirim dan 1.200 persen panggilan per hari sejak bulan Maret.

Aplikasi rapat dan konferensi daring Zoho Meeting pun penggunaannya meningkat hingga 772 persen, dan Zoho ShowTime, solusi training online dan kelas virtual juga mengalami peningkatan 1.100 persen sejak bulan Maret.

Ada pula Aplikasi Perkantoran Zoho dengan fitur co-creating, review dan kolaborasi yang ditingkatkan, yang di dalamnya termasuk Zoho Writer, Zoho Sheeet, dan Zoho Show.

Sementara Zoho WorkDrive, cloud storage untuk seluruh organisasi dengan kemampuan berbagi fail secara aman. Penggunaanya meningkat 300 persen sejak bulan Maret.

Dijalankan oleh Zia, asisten AI Zoho, mesin pencari dapat bekerja di seluruh kanal komunikasi dengan lancar, menangkap informasi di seluruh email, pembicaraan chat, forum internal dan dokumen bisnis.

Hal ini meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan tanpa mengganggu tugas dan mendorong pengguna bekerja sesuai konteks tanpa perlu berganti platform.

Zoho Workplace juga memastikan kerahasiaan data penggunanya. Zoho tidak membiarkan pelacak pihak ketiga memonitor perilaku penggunaan pada layanan cloud, dan tidak menjual data apa pun pada perusahaan komersial.

Baca juga: Aman saat WFH, jangan sembarangan pasang aplikasi

Baca juga: Huawei siapkan aplikasi panggilan video MeeTime

Baca juga: 9 aplikasi terbaik video call grup saat WFH
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020