Perkuat keamanan digital, Pertamina gandeng Peruri

Perkuat keamanan digital, Pertamina gandeng Peruri

Petugas memantau Refinery Unit (RU) VI Balongan PT Petrtamina (Persero) di Indramayu, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) menggandeng Perum Peruri dalam pemanfaatan sertifikat elektronik, solusi digital, kode keamanan, hingga tanda tangan elektronik untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik dan layanan keamanan digital.

Kerja sama ini tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) antara Pertamina dengan Peruri yang ditandatangani Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama Peruri  Dwina Septiani di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kejar target, Pertamina alokasikan 17,6 miliar dolar kembangkan EBT

Nicke Widyawati mengatakan, untuk menjalankan aktivitas perusahaan yang lebih baik, perlu transformasi organisasi dengan tata kelola yang baik (good corporate governance), termasuk insan Pertamina yang menjalankannya.

"Faktor utama keberhasilan transformasi adalah integritas dari seluruh pekerja," katanya.

Nicke menambahkan nota kesepahaman ini juga merupakan salah satu bagian implementasi dari ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan di perusahaan dan sejalan dengan tata nilai BUMN (AKHLAK), terutama untuk memegang teguh kepercayaan yang diberikan.

Ia berharap kerja sama ini dapat memberikan peningkatan kualitas layanan yang lebih baik lagi kepada seluruh stakeholder dan customer, termasuk memberikan jaminan keaslian dari produk-produk Pertamina.

Peruri digandeng Pertamina karena telah terbukti dapat memberikan layanan digital security dengan level keamanan tinggi dan terbaik.

Dwina Septiani menyampaikan apresiasi kepada Pertamina yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan untuk mendukung proses transformasi digital dalam rangka meningkatkan efektivitas kerja, pola kerja terpadu, terarah dan berkesinambungan di Pertamina.

"Kami siap mendukung program digitalisasi Pertamina untuk mendukung proses bisnis Pertamina sehingga dapat mewujudkan perusahaan yang memiliki daya saing global dan tetap bersih serta transparan," ujarnya.

Ruang lingkup nota kesepahaman meliputi pemanfaatan produk dan layanan Peruri Code, Peruri Sign, dan Peruri Trust.

Baca juga: Pertamina siapkan infrastruktur dorong digitalisasi layanan
Baca juga: Peruri targetkan pendapatan bisnis digital security Rp370 miliar
Pewarta : Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020