Keduanya dipanggil sebagai saksi untuk tersangka RIW
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa memanggil dua notaris sebagai saksi dalam penyidikan kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan tersangka mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari (RIW).

"Keduanya dipanggil sebagai saksi untuk tersangka RIW," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Dua notaris yang dipanggil, yaitu Ilwa dan Linda Utami Zandrastuty. Diketahui, KPK saat ini masih melakukan penyidikan untuk tersangka Rita terkait TPPU.

Baca juga: KPK panggil mantan Bupati Kukar Rita Widyasari terkait kasus cuci uang

Sebelumnya, Rita telah dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Pondok Bambu setelah dijatuhi hukuman 10 tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada 6 Juli 2018.

Rita terbukti menerima gratifikasi sebesar Rp110.720.440.000 dan suap Rp6 miliar dari para pemohon izin dan rekanan proyek.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menuntut Rita dijatuhi pidana penjara selama 15 tahun ditambah denda sebesar Rp750 juta subsider 6 bulan kurungan karena terbukti menerima gratifikasi Rp248,9 miliar dan suap Rp6 miliar dari para pemohon izin dan rekanan proyek selama 2010-2017.

Namun dalam vonis, hakim mengatakan Rita hanya terbukti menerima gratifikasi sebesar Rp110.720.440.000 dan suap Rp6 miliar dari para pemohon izin dan rekanan proyek.

Baca juga: KPK panggil Sekda Kukar Sunggono saksi cuci uang Rita Widyasari

Baca juga: KPK panggil satu saksi kasus TPPU Rita Widyasari

Baca juga: KPK sita aset Rita Widyasari senilai Rp70 miliar

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020