Babel segera luncurkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor dengan protokol

Babel segera luncurkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor dengan protokol

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan (tengah) bersama Forkopimda bersepeda santai (Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung segera meluncurkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor dengan penerapan protokol kesehatan untuk meningkatkan kedisplinan masyarakat mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Pada Minggu (16/8) ini, kita akan meluncurkan penerapan 'car free day' di kawasan perkantoran Pemprov Kepulauan Babel," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Rabu.

Baca juga: Bangka Tengah raih penghargaan daerah pesisir terbaik

Ia mengatakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) ini akan dilakukan setiap hari Minggu, sehingga masyarakat bersama keluarga bisa berolahraga santai tetapi tetap mengutamakan protokol kesehatan COVID-19.

"HBKB ini dilakukan setiap hari Minggu dimulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB dan diharapkan sebagai contoh bagi masyarakat, bagaimana berolahraga dengan suasana santai tetapi protokol COVID-19 tetap diutamakan," katanya.

Menurut dia, kebijakan HBKB dengan berolahraga ini sebagai upaya pemerintah menyosialisasikan dan mengawal penerapan protokol kesehatan COVID-19 di masyarakat selama pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru ini.

Baca juga: Pemprov Babel perketat penerapan protokol COVID-19 di bandara

Baca juga: Bangka Barat usulkan mobil operasional Hatta sebagai cagar budaya


"Selama ini kita bersama Kapolda, Dandrem dan Forkopimda bersepeda melewati kelurahan, desa untuk memberikan contoh kepada masyarakat. Warga yang tidak memakai masker ditegur dan bagi warga yang disiplin menggunakan masker diberikan hadiah," katanya.

Ia menambahkan dalam meningkatkan kedisiplinan warga mematuhi protokol COVID-19 ini, pemprov dalam waktu dekat ini juga akan menggelar lomba sepeda, senam zumba dan lainnya.

"Kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dapat dilakukan pemerintah kabupaten/kota dalam meningkatkan kedisiplinan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dalam beraktivitas di dalam maupun luar rumah," katanya.

Baca juga: Gugus Tugas: Satu juru mudi kapal di Belitung positif COVID-19
Pewarta : Aprionis
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020